Kampung Sisingamangaraja Menyimpan Trekking Menantang Adrenalin

Home / Berita  / Kampung Sisingamangaraja Menyimpan Trekking Menantang Adrenalin

MedanBisnisdaily.com-Doloksanggul. Untuk pecinta trekking, kampung Sisingamangaraja, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menyediakan medan topografi berbukit dan cukup menantang untuk dijelajahi, dengan latar spot panorama alam Danau Toba.

 

Untuk paket trekking, menjelajahi air terjun Sipultak Hoda, Bukit (Dolok-red) Batu Maranak melintasi panorama alam dengan panjang rute kurang lebih 10 km dan ditempuh dengan waktu 5 jam. Selama perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan dan udara segar di Desa Tipang, Kecamamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Untuk menjajal rute tersebut, pemerintah Humbahas telah mempersiapkan para pemandu paket wisata itu, dengan melatih 60 orang sekaligus sebagai pelaku wisata. Hal itu dikatakan Plt Kadis Pariwisata Humbahas, Resva Panjaitan kepada Medanbisnisdaily.com, Selasa (17 /9/2019) di Doloksanggul, Humbahas, .

Selain pemandu olahraga yang membutuhkan stamina itu, Dispar Humbahas juga telah membenahi dengan mempersiapkan jalur lintas, pos pendakian, selter rest area maupun tiket paket wisata trekking yang cukup terjangkau.

Untuk peminat olahraga yang satu ini, akan tertantang dengan kondisi alam yang indah.”Tentu, untuk melakukan kegiatan seperti trail working, mountain running dan camping, memadukan kegiatan olahraga dengan berwisata untuk menikmati alam yang eksotis di ketingggian 800-1200 m dpl menguras keringat dan akan dipuaskan dengan sejuknya minum air terjun Sipultak Hoda,” ujar Resva.
Senada dikatakan Kabid Promosi Dispar Humbahas, Barton Naibaho. Selain telah menyediakan infrastruktur wisata dan pemadu wisata trekking, lokasi sangat indah, sejuk , tracknya yang tergolong ekstrem akan memacu adrenalin berbaur dengan sensasi alam yang indah.

Sejumlah pecinta trekking sudah menguji coba, baru baru ini, anggota TNI dan beberapa komunitas pecinta alam tertantang telah menjajalnya. Meskipun komunitas trekking itu, masih lokal, umumnya mereka merasa puas dengan tantangannya. Ke depan akan dipikirkan melakukan kegiatan atau event untuk semua kalangan usia.

‘Kawasan perbukitan dan lembah yang landai, akan sangat cocok untuk usia remaja,dewasa dan juga usia lanjut usia. Agar terjaga, semua elemen masyarakat diharapkan untuk tetap menjaga kelestarian alam sekitarnya,” pinta Barton.

Untuk para pecinta alam, setelah menguras tenaga, di Baktiraja telah tersedia sarana pendukung seperti homestay, hotel yang cukup terjangkau. “Untuk lebih memasyarakatkan olehraga uji nyali tersebut, direncanakan akan menjadi salah satu spot wisata dan melirik olah raga trekking sebagai event yang berkelanjutan, lokasi juga cocok untuk berkemah,” kata Barton.

Sumber : http://www.medanbisnisdaily.com/news/online/read/2019/09/17/86861/kampung_sisingamangaraja_menyimpan_trekking_menantang_adrenalin/