Dinas Pariwisata Humbahas Gelar Pelatihan Arung Jeram Gratis

Home / Berita  / Dinas Pariwisata Humbahas Gelar Pelatihan Arung Jeram Gratis

Medanbisnisdaily.com-Dolok Sanggul. Untuk menguji adrenalin melawan derasnya air sungai di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan(Humbahas), Dinas Pariwisata setempat melaksanakan pelatihan arung jeram untuk masyarakat secara gratis. Hal itu dikatakan Kadis Pariwisata Humbahas, M Butar Butar kepada medanbisnisdaily.com, Jumat (21/6/2019), di Dolok Sanggul.

Kata M Butar-butar, pelatihan ini untuk meningkatkan SDM bidang kepariwisataan. “Potensi SDA akan tetap dikembangkan,seiring dengan peningkatan SDM. Salah satunya lewat pelatihan arung jeram di Kecamatan
Baktiraja, yang dilaksanakan 24-29 Juni 2019,” ujarnya.

Menurutnya, pelatihan ini juga sekaligus sebagai bentuk promosi potensi arung jeram di Humbahas. Lokasi pelatihan di Sungai Aek Silang dan Sungai Aek Simangira, Kecamatan Baktiraja. Sungai itu sangat potensial dikembangkan sebagai atraksi pariwisata.

Kabid Promosi Dinas Pariwisata Humbahas, Barton Naibaho, menambahkan, potensi arung jeram di Kecamatan Baktiraja memiliki keunikan tersendiri, karena langsung bermuara ke Danau Toba.

“Setelah lelah mengarungi jeram, di akhir pengarungan kita akan menikmati keindahan Danau Toba,” ujar Barton.

Barton menjelaskan, dalam pelatihan ini, pihaknya bekerja sama dengan Federasi Arung Jeram
Barani Rafting,dan telah memgikuti pelatihan arung jeram yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI pada 2018.

Selain di Baktiraja, terdapat juga potensi arung jeram di Kecamatan Parlilitan dan beberapa titik lainya. “Melalui pelatihan ini akan membangkitkan semangat kepariwisataan di daerah kita,” jelasnya.

Peserta dan instruktur untuk pelatihan melibatkan Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI)
Provinsi Sumatera Utara, Asahan Rafting dari Kabupaten Toba Samosir, serta federasi arung jeram lainnya.

Adapun materi pelatihan meliputi pengenalan potensi arung jeram, pengenalan peralatan, pelatihan renang, pelatihan penyelamatan, pelatihan teknik dasar, pelatihan kepemanduan, serta manajemen pengelolaan arung jeram.

Sumber : http://www.medanbisnisdaily.com/news/online/read/2019/06/21/78592/dinas_pariwisata_humbahas_gelar_pelatihan_arung_jeram_gratis/