Pemkab Nias Siap Gelar Sail Nias 2019

Home / Berita  / Pemkab Nias Siap Gelar Sail Nias 2019

Medanbisnisdaily.com-Nias. Pemerintah Kabupaten Nias menyatakan siap menggelar perhelatan nasional Sail Nias 2019 pada September mendatang.

“Kegiatannya berlokasi di kawasan objek wisata Tagaule, Pulau Onolimbu. Saat ini sedang dalam penataan. Jadi, Kita sudah siap,” kata Kepala Dinas Kominfo Nias, Dahlanroso Lase, didampingi Kabid Pengelolaan Komunikasi dan Informasi, Budiaman Mendrofa kepada medanbisnisdaily.com, Selasa (14/5/2019).

Ia mengatakan, panitia nasional telah memberi kepercayaan kepada Pemkab Nias untuk menyelenggarakan kegiatan. Terdiri dari lomba perahu dayung (free diving competition) 9-10 September, bola pantai (beach volley ball international tourment) 9-13 September 2019 dan mancing ikan (fishing international) 11 – 15 September 2019.

“Kita sudah fasilitasi persiapan bersama tim nasional survei lokasi wisata Tagaule, Pulau Onolimbu. Wakil Bupati Bapak Arosokhi Waruwu sudah menerima laporan tim survey teknis diving, fishing dari panitia nasional pada 8 Mei 2019,” kata Dahlanroso

Budiaman Mendrofa menambahkan, Pulau Onolimbu terdiri dari 5 gugusan pulau terletak di wilayah Tagaule, Kecamatan Bawolato. Seluas 1 KM persegi. Pulau ini di kenal sebagai surga wisata.

Objek wisata Onolimbu memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas nanmenawan. Jernihnya air laut tampak terumbu karang masih asri menghiasi ikan-ikan menari berwarna warni.

“Pulau Onolimbu sangat cocok bagi para penyelam dan olahraga diving. Sambil berenang menyaksikan keindahan terumbu karang dan ikan-ikan karang yang berwarna-warni, ataupun sambil memancing,” jelasnya.

Ditambahkannya, dengan perhelatan akbar Sail Nias 2019 diharapkan akan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara ke Kabupaten Nias. Sehingga menjadi sarana promosi strategis sektor pariwisata dan daya tarik bagi para investor.

Budi memperkirakan, dari Bandara Binaka Gunungsitoli ke pantai Onolimbu berjarak sekitar 45 KM. Sedangkan untuk menuju Pulau Onolimbu menggunakan kapal sekira 20 menit pelayaran dari Pantai Onolimbu.

 

Sumber : http://www.medanbisnisdaily.com/news/online/read/2019/05/15/75272/pemkab_nias_siap_gelar_sail_nias_2019/