Kalender Even RKI 2019: Geobike Kaldera Toba Hingga Lake Toba Film Festival

Home / Berita  / Kalender Even RKI 2019: Geobike Kaldera Toba Hingga Lake Toba Film Festival

Medanbisnisdaily.com-Medan. Rumah Karya Indonesia (RKI) Medan me-launching kalender even yang akan digelar komunitas ini sepanjang tahun 2019. Launching digelar di sekretariat RKI, Jalan Sisingamangaraja, No 132 A, Medan, Jumat malam (15/2/2019).

Even RKI 2019, antara lain Geobike Kaldera Toba yang akan dilaksanakan 26-28 April dengan rute Humbang Hasundutan-Tapanuli Utara-Toba Samosir-Simalungun, lanjut 1.000 Tenda Kaldera Toba Festival 28-30 Juni di Desa Meat, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir.

Kemudian, Tao Silalahi Arts Festival , 6-9 September di Silahisabungan. Jong Batak Arts Festival, 25-28 Oktober di Taman Budaya Sumatra Utara dan Lake Toba Film Festival, 15-17 November di Samosir.

Direktur RKI, Ojak Manalu mengatakan, kegiatan ini sengaja di-launching ke publik agar masyarakat yang berminat bisa mempersiapkan diri lebih awal. Demikian juga dengan kelompok-kelompok traveling maupun biro-biro wisata yang berminat kerjasama.

“Masing-masing program ditangani oleh direktur program. Merekalah yang menjadi leadernya,” terang Ojak.

Ditambahkannya, wawasan yang dikembangkan RKI didasari perspektif pelestarian alam, pembangunan kepariwisataan yang berbasis masyarakat lokal.

Direktur Program 1.000 Tenda Kaldera Toba Festival, Tumpak Hutabarat. mengatakan, pada 2017, kegiatan ini diikuti 5.000 peserta. sedangkan pada 2018 diikuti 7.000 peserta.

“Tahun ini dipilih lokasinya di Meat, karena selain bentangan alamnya yang eksotis juga dekat dengan pemukiman sehingga interaksi dengan masyarakat bisa lebih intens,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatra Utara, Wan Hidayati yang hadir di-launching itu mengatakan, pihaknya ingin bergabung dan berkolaborasi dengan kegiatan yang digelar RKI.

“Mohon kalau ada kegiatan kita selalu diinformasikan, kami ingin sekali bergabung dengan RKI,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toba Samosir, Audy Murphy Sitorus mengaku senang menjadi tuan rumah dalam program 1.000 Tenda Kaldera Toba Festival yang digelar di wilayahnya. “Ini peluang untuk mengenalkan keindahan Meat kepada masyarakat luas,” katanya.

Sumber : http://www.medanbisnisdaily.com/news/online/read/2019/02/16/66507/kalender_even_rki_2019_geobike_kaldera_toba_hingga_lake_toba_film_festival/