Butuh Waktu Panjang untuk Puas Menikmati Keindahan Alam Samosir

Home / Berita  / Butuh Waktu Panjang untuk Puas Menikmati Keindahan Alam Samosir

Medanbisnisdaily.com-Samosir.Tak cukup dua hari atau tiga hari berkeliling untuk menikmati keindahan alam Kabupaten Samosir yang disebut “Kepingan Surga” ini. Pasalnya, hampir semua tempat wisata di negeri asal orang Batak itu, khususnya alamnya sangat luar biasa indahnya.

Bila kaki sudah menginjakkan bumi Samosir, maka kita jadi enggan beranjak dan ingin tetap berlama-lama menikmati keindahan alamnya, seperti Pasir Putih, Batu Hoda, Bukit Holbung atau sudah sering disebut bukit cinta. Bila ingin menikmati keindahan hamparan air Danau Toba, bukit, gunung dan perkampungan Sihotang, maka jawabannya harus mendaki ke Bukit Holbung.

Sebelum ke Bukit Holbung, pengunjung bisa menikmati keindahan Air Terjun Efrata. Untuk mencapai air terjun ini, harus mendaki dan enaknya sudah bisa dilalui kendaraan roda empat hingga ke parkiran dan tentunya butuh waktu beberapa menit berjalan kaki agar bisa menikmati kesegaran air terjun tersebut.

Masih menikmati keindahan alam nan luar biasa itu, yakni dengan mengunjungi danau di atas Danau Toba, yaitu Danau Sidihoni. Saat ini untuk bisa menikmati keindahan danau ini sudah bisa dengan menggunakan kendaraan roda empat. Kalau dulu, butuh kendaraan gardan dua atau sepeda motor, sekarang dengan roda empat sudah bisa menyentuh danau tersebut.

Objek wisata terbaru di Kabupaten Samosir yang mungkin warga Sumut kunjungi adalah Pantai Batu Hoda. Objek wisata ini banyak dikunjungi karena pasir putihnya dan angin lumayan kencang bila sore hari atau pada hari tertentu.

Pengelola Batu Hoda menyediakan berbagai tempat yang lumayan menarik untuk swafoto bagi pengunjung dan tempat memancing. Pengunjung dikenakan retribusi Rp 14.000 per orang itu sudah bisa bebas menggunakan toilet dan sarana permainan atau tempat swafoto tersebut.

Masih di Samosir, ada Aek (air) Bunga-Bunga di Desa Sagala Lumban Parik. Objek wisata ini merupakan mata air, konon ceritanya tempat permandian putri raja di saat itu. Mitosnya, bila mandi dengan berendam di Aek Bunga-Bunga, kalau ikan di dalamya mengelilingim maka berkat bakal bertambah atau usaha makin lancar.

Masih banyak objek wisata baru di Samosir, seperti Aek Natonang di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Aek Natonang ini bisa juga disebut danau di atas danau, tapi lebih kecil dari dari Danau Sidihoni. Aek natonang ini cocok untuk bersantai bagi keluarga dan bisa bermain di hamparan hijau yang juga ada hewan, yakni kuda dipelihara secara bebas atau kuda liar.

Penasaran untuk melihat berbagai objek wisata di Samosir, maka harus menyisihkan waktu panjang. Kalau selama ini hanya mengunjungi Tuktuk, Ambarita, Ajibata, Aek Rangat, Pasir Putih, coba kunjungi destinasi wisata lainnya dan tentunya dengan mengelilingi Pulau Samosir.