Upaya Disbudpar Sumut Datangkan Wisatawan dari Berbagai Negara

Home / Berita  / Upaya Disbudpar Sumut Datangkan Wisatawan dari Berbagai Negara

Analisadaily (Medan) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Utara akan menghadirkan Sumut Paten Fashion dan Festival Food (SPFF) yang digelar 11-16 April 2017 di Center Poin Mall Medan.

Demikian disampaikan Kepala Disbudpar Sumut, Elisa Marbun didampingi Kepala Bidang Pemasaran, Muchlis serta pihak ketiga, H Latief dan John Winata saat konferensi pers di Museum Negeri Medan, Minggu (9/4).

Disebutkan Elisa, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-69 Pemprovsu.

“Jadi dalam kegiatan ini akan ditampilkan beragam jenis buah dan makanan. Kita akan memperkenalkan buah lokal di pameran ini. Begitu juga dengan festival kuliner. Kita akan ada demo dari chef. Kemudian lomba kulinernya. Mengingat Medan ini terkenal dengan kulinernya. Bagaimana mendatangkan wisatawan dari kulinernya,” ucap Elisa.

Selain buah dan kuliner, dalam kegiatan ini juga akan dihadirkan peragaan busana dari kain khas Sumut yakni ulos dan songket.

“Kita pilih ini untuk mengenalkan ulos dan songket ke wisatawan. Ulos dan songket memiliki kesenian yang cukup tinggi. Dari sini kita juga melestarikan kedua kain tersebut,” tambah Elisa.

Selain SPFF, kegiatan kedua yang akan digelar Disbudpar yakni Charity Open Golf Tournament 2017. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Royal Sumatera Golf Course dan Country Club. Dalam kegiatan ini akan hadir 200 peserta.

Dari 200 peserta itu ada yang berasal dari negara lain, seperti Tiongkok yang mengirimkan satu peserta, Korea Selatan satu peserta, Malaysia lima peserta dan Singapura lima peserta peserta.

“Lainnya ada yang dari Sumut 80 peserta, Jawa Barat, Jakarta, Banten dan Aceh. Pertandingannya ada yang pagi dan siang. Kita bagi dua. Pagi 120 dan siang 80 peserta,” katanya.

Lebih lanjut John menjelaskan, ini pertama kalinya golf tournament dilaksanakan di Sumut. Dan pertandingan ini akan merebutkan Piala Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi.

“Dari sini akan banyak wisatawan yang datang ke Sumut. Jadi sekalian ajang promosi bagi kita. Ini akan berdampak ke industri hotel juga. Paling tidak mereka juga membawa keluarganya datang ke sini,” katanya.

Rencananya kegiatan ini akan digelar setiap tahun dan menjadi agenda tetap Dinas Pariwisata Sumut.

“Ada juga lucky draw satu unit mobil yang kita berikan. Kita berharap warga Sumut khususnya Medan dapat meramaikan kegiatan ini,” katanya.

Kegiatan ini sendiri rencananya dibuka secara resmi oleh Gubsu, 12 April 2017. “untuk transaksinya sendiri tidak kita targetkan. Karena kita tidak menjadikannya komersil. Kita melakukan kegiatan ini murni untuk menyukseskan Sumut, “ucapnya.

Sumber : http://news.analisadaily.com/read/upaya-disbudpar-sumut-datangkan-wisatawan-dari-berbagai-negara/339047/2017/04/09