Kadis Budpar Sumut Ciptakan Kepedulian Bersama untuk Kemajuan Pariwisata Sumut

Home / Berita  / Kadis Budpar Sumut Ciptakan Kepedulian Bersama untuk Kemajuan Pariwisata Sumut

Medan, Dialog – 13-3-2017-Sektor pariwisata sangat memegang peranan penting dalam perekonomian sumut, baik sebagai salah satu sumber penerimaan devisa maupun sebagai pencipta lapangan kerja serta kesempatan untuk berusaha.

Guna mendukung agar cpatnya perkembangan danau toba Drs. Elisa Marbun M,Si, selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Utara mengatakan kepada Dialog diruang kerjanya pada Rabu (8/3) setiap kabupaten sekawasan danau toba harus mengangkat pariwisata dalam bentuk event-event budaya yang mengangkat kearifan lokal disekitar kawasan danau toba dan apabila event ataupun pagelaran budaya terlaksana secara continue maka akan mampu menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Kita siap mendukung segala kegiatan yang dilakukan daerah untuk memajukan pariwisata danau toba dan sangat berharap agar 7 kabupaten disekitar kawasan danau toba turut serta dalam mendukung sanggar-sanggar pagelaran budaya lokal yang ada disana karena dalam industri pariwisata kita tidak hanya bisa mengandalkan keindahan alamnya saja,” lanjut Elisa.

Elisa juga menyarankan agar Dinas Pariwisata Kabupaten dapat memanfaatkan anggaran promosi yang telah tersedia dimasing-masing kabupaten untuk mensosialisaskan potensi-potensi ataupun event-event yang ada disetiap Kabupaten. Dan berharap agar pihak diluar Kabupaten tersebut maupun luar negeri dapat mengetahuinya.

Salah satu promosi dapat dilakukan melalui internet dengan memasukkan setiap kegiatan ataupun event yang akan digelar dan juga potensi keindahan alamnya kedalam website masing-masing kabupaten.

“Manfaatkanlah era digitalisasi sekarang. Kita sudah lakukan, seperti keindahan alam di kawasan kabupaten danau toba kita masukkan dalam website Disbudpar Sumut dan masyarakat dapat mengaksesya di www.disbudpar.sumutprov.go.id , jadi semua informas kegiatan pariwisata kita masukkan,” ujar Elisa sambil menjelaskan website tersebut terupdate selalu.

Agar peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumut bertambah dan mencapai target, Elisa sangta berharap semua stakeholder bisa bersama-sama untuk turut peduli dalam pengembangan daerah masing-masing yang ada disekitar danau tobs. (Mons)  

Sumber : Dialog NUSANTARA