Pesta Seni dan Budaya Bukit Lawang Dibuka

Home / Berita  / Pesta Seni dan Budaya Bukit Lawang Dibuka

Bahorok, (Analisa)Gubsu Tengku Erry Nuradi membuka Pesta Seni dan Bu­daya Bukit Lawang  2016 di kawasan objek wisata Bukit Lawang Kecamatan Bahorok, Sabtu (24/9). Pesta seni dan budaya me­rupakan sarana untuk mem­promosikan objek wisata serta melestarikan seni dan budaya bangsa.

Gubsu  mengatakan, desti­nasi wisata akan maju dengan ditandai tingginya  kun­jungan wisatawan domestik maupun man­canegara, bila promosi maupun event gencar dilaku­kan. Banyak sarana yang da­pat dilakukan untuk mempromo­sikan ob­jek wisata agar dapat dikenal dan di­kun­jungi wisa­ta­wan.

Gubsu  yakin dengan gencarnya pe­me­rintah daerah mempromosikan objek wi­sata di daerahnya, semakin banyak wi­satawan yang mengenal dan tertarik un­tuk mengunjungi­nya.

Untuk lebih menarik wisa­tawan me­ngunjungi objek wi­sata, Gubsu juga me­ngutara­kan pelaksanaan berbagai event yang terjadwal serta me­muat daya tarik bagi wisata­wan untuk menyaksikan event tersebut, juga merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan.

Festival Danau Toba di Pa­rapat Danau Toba, Pesta Buah di Berastagi serta Pesta Njuah-Njuah di Kabupaten Dairi dan Pesta Seni dan Budaya di Bu­kit Lawang, merupakan  event -event yang diharapkan dapat menjadi salah satu daya tarik bagi wi­satawan domestik mau­pun man­ca­negara untuk hadir dan melihat event-event tersebut, harap Gubsu.

Erry mengatakan, Provsu akan men­du­kung se­tiap event yang dilakukan pe­me­rintah daerah di Sumut untuk men­dorong peningka­tan jumlah kunjungan wi­sata­wan ke seluruh objek wisata yang ada di Sumut. ”Provsu akan membantu se­tiap event yang dilaksanakan masing-ma­sing pemerintah daerah untuk me­ningkatkan kunju­ngan wisatawan di dae­rah­nya,” tegas Erry.

Koordinasi

Namun Gubsu berharap event-event yang dilaksana­kan hendaknya dapat ter­jad­wal setiap tahun dan pemerin­tah dae­rah dapat berkoor­dinasi dengan Provsu agar event yang dilaksanakan dapat ter­organisir dan terlaksana de­ngan baik.

Dia menilai, saat ini event-event yang di­laksanakan di masing-masing daerah be­lum terjadwal serta minim promosi yang dilakukan, hingga event-event itu ku­rang diketa­hui ba­ik wisatawan domsetik mau­pun mancanegara. Banyak sa­rana promosi yang dapat dilakukan, se­perti di terminal angkutan umum mau­pun di bandara-bandara yang ada di Su­mut maupun seluruh Indonesia.

“Bila event telah ter­jad­­wal dengan baik  dan di­promosikan dengan baik,  saya   yakin wisatawan akan men­jad­wal­kan kunjungannya ke setiap objek wisata ber­dasar­kan event yang akan dilaku­kan,”harap Gubsu.

Untuk mendukung mem­baiknya sarana infrastruktur menuju objek wisata Bu­kit La­wang, Gubsu mengatakan, Prov­su telah menganggarkan pada APBD 2017 pembangu­nan jalan sepanjang 7 Km di Langkat.

Diharapkanya, de­ngan membaiknya sa­rana in­frastruktur menuju objek wi­sata Bukit Lawang, tingkat kun­jungan wisatawan ke Bu­kit Lawang semakin mening­kat di tahun-tahun mendatang, harap Erry.

Bupati Langkat Ngogesa Sitepu  me­ngatakan, pesta seni dan budaya Bukit La­wang di­laksanakan selain sebagai sa­rana promosi objek wisata Bu­kit Lawang, juga diharapkan dapat menjadi media sosiali­sasi pada generasi muda agar dapat le­bih mengetahui seni dan budaya tra­disional bang­sa.

Ngogesa mengutarakan ke­kha­wa­ti­rannya tentang ke­cenderungan re­maja de­wasa ini yang lebih me­nge­depankan bu­daya asing dalam kehidu­pannya se­hari-hari.

Diharap­kannya dengan tersosialisa­sinya seni dan budaya tradi­sional  generasi muda akan le­bih mencintai budaya bang­sa mereka daripada bangsa lain.

Panita pelaksana pesta seni dan budaya Bukit Lawang, Edy Syahputra me­nye­but­kan, pesta seni dan budaya yang di­laksanakan sejak 24 hingga 25 November 2016 itu meng­agendakan kegiatan an­tara lain, pagelaran seni dan buda­ya tra­disional, lomba layang-layang, eng­rang, gasing dan tubing. (Als)

Sumber : http://harian.analisadaily.com/sumut/news/pesta-seni-dan-budaya-bukit-lawang-dibuka/265377/2016/09/25