PHRI Sumut Targerkan 2.500 Sertifikasi Pekerja Hotel Tahun ini

Home / Berita  / PHRI Sumut Targerkan 2.500 Sertifikasi Pekerja Hotel Tahun ini

MedanBisnis – Medan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hotpati Medan dan Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Sumut menargetkan mampu melakukan sertifikasi terhadap setidaknya 2.500 orang tahun ini.

Penasihat PHRI Sumut yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sumut Parlindungan Purba mengungkapkan hal itu di Medan, Kamis (30/3), usai membuka uji kompetensi industri perhotelan/ program PSKK Kementerian Pariwisata Tahun 2017 okupasi bidang Front Office, Housekeeping dan FB Service.

Hadir bersamanya Ketua PHRI Sumut Denny S Wardhana, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan PHRI Sumut Rika F Syam. Parlindungan Perba mengatakan perhatian pemerintah pusat terhadap sektor pariwisata ditunjukkan dengan komitmen pembangunan destinasi wisata.

“Ada banyak destinasi wisata dikembangkan tahun ini. Termasuk Danau Toba. Sehingga pembangunan infrastuktur dan dorongan bagi wiatawan berkunjung ke Danau Toba akan kian kencang,”kata Parlindungan Purba.

“Lalu dimana kunci agar sektor pariwisata ini sukses? Jawabannya ada di kita semua. Kita yang bekerja di sektor perhotelan dan restoran akan menjadi kunci utama menggerakkan industry ini. Kalau pun perhatian pemerintah tinggi terhadap pariwisata tapi kalau kemudian kita tidak memperlakukan tamu dengan baik ya sama saja. Mereka tidak akan datang lagi,”tegasnya.

Sejujurnya, kata Parlindungan, kunci sukses pariwisata di Negara lain hanya karena sambutan para pelaku industry itu k wisatawan. “Mereka nyaman dan datang ke Malaysia, Singapura, Thailand, bahkan Vietnam misalnya karena sambutan warga dan pelaku indutrinya. Mereka senyum,ramah, terstandar layanannya. Sehingga grade mereka lebih baik.”

Itulah, kata Parlindungan, yang harus diadopsi pekerja hotel dan restoran di Sumut. “Standar kita tentu selevel dengan ASEAN. Maka harus kita apresiasi PHRI Sumut yang terus mengupayakan pekerja di Sumut mendapatkan jatah sertifikasi dari Kementrian Pariwisata,” kata Parlindungan Purba.

Hal senada disampaikan Rika F Syam, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan sekaligus anggota Komite skema LSP Hotpari yang menyatakan sepanjang tahun ini program sertifikasi di wilayah Sumut akan terus berjalan.

“Ini juga sesuai dengan vivi misi Ketua PHRI Bapak Denny S Wardhana yang diawal kepemimpinannya menjanjikan untuk mempercepat sertifikasi pekerja hotel dan restoran. Kita lihat PHRI bergerak sangat cepat mem-follow up sertifikasi. Setiap tahun jatah Sumut terus meningkat.”jelasnya.

Dia merinci 2.500 rencana sertifikasi yang akan dilakukan di Sumut termasuk pekerja hotel restoran serta siswa SMK. “Untuk SMK Perhotelan dan Pariwisata Sumut itu dapat jatah 600 orang. Baru terlaksana 400 orang. Jadi hingga akhir tahun kita optimis akan mencapai target pelaksanaan sertifikasi,”tuturnya.

Menurut Rika, sertifikasi ini akan lebih terfokus pada hotel dan restoran yang sudah menjadi anggota PHRI Sumut. Sebab dengan masuk di organisasi setidaknya memudahkan koordinasi dengan pengelola hotel.

“Pusat informasi pelaksanaan sertifikasi selama ini ada di PHRI Sumut. Jadi kita imbau hotel dan restoran yang belum terdaftar agar bergabung di PHRI Sumut. Sehingga pelaksanaan Sertifikasi ini bisa kita sukseskan bersama-sama,”jelasnya.

Standar pelayanan para pekerja hotel dan restoran, kata dia, akan mengacu pada apa yang dibuat dibuat oleh Negara-negara ASEAN.” Jadi kita mau dengan standar ini menjaga momentum naiknya tingkat kunjungan wisatawan ke Sumut dan Medan tentunya,”kata Rika.

 

Sumber : http://waspada.co.id/sumut/lsp-hotpari-phri-sumut-targetkan-2-500-sertifikasi-pekerja-hotel-tahun-ini/