» Sekretariat


Sekretaris Dinas mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan tugas di bidang ketatausahaan yang meliputi pengelolaan administrasi umum, perlengkapan, keuangan, kepegawaian, perencanaan, evaluasi dan pelaporan yang berkaitan dengan kerumahtanggaan dan urusan umum Dinas. Dalam melaksanakan tugasnya, Sekretaris Dinas mempunyai fungsi :



a.Menyelenggarakan penyusunan koordinasi rencana program kerja Sekretariat, Bidang-bidang dan Unit Pelaksana Teknis Dinas



b.Menyelenggarakan pengkajian dan koordinasi perencanaan dan program Dinas



c.Menyelenggarakan pengkajian perencanaan dan program kesekretariatan



d.Menyelenggarakan pengelolaan dan pembinaan administrasi keuangan



e.Menyelenggarakan pengkajian anggaran belanja



f.Menyelenggarakan pengendalian administrasi anggaran belanja



g.Menyelenggarakan pengelolaan dan pembinaan administrasi keuangan



h.Menyelenggarakan penyusunan Rencana Strategis, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), LKPJ dan LPPD Dinas



i.Menyelenggarakan penatausahaan, kelembagaan dan ketatalaksanaan



j.Menyelenggarakan pengelolaan dan pembinaan naskah Dinas, kearsipan, pertelekomunikasian dan persandian



k.Menyelenggarakan fasilitasi pelayanan umum dan pelayanan minimal



l.Menyelenggarakan pengadaan, pemeliharaan, penataan, pembinaan dan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan/peralatan kantor



m.Menyelenggarakan penyusunan bahan rancangan pendokumentasian peraturan perundang-undangan, pengelolaan perpustakaan, keprotokolan dan hubungan masyarakat



n.Menyelenggarakan fasilitasi dan pengaturan keamanan kantor



o.Menyelenggarakan pengkoordinasian dan pembinaan jabatan fungsional



p.Menyelenggarakan pengkoordinasian pelaporan, evaluasi, monitoring atas kegiatan bidang-bidang lingkup Dinas dan Unit Pelaksana Teknis Dinas



q.Menyelenggarakan telahaan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan



r.Menyelenggarakan koordinasian dengan Unit Kerja terkait



s.Menyelenggarakan dan mengatur rapat-rapat Internal Dinas



t.Menyelenggarakan tugas lain, sesuai dengan tugas dan fungsinya



 



Untuk melaksanakan tugas dan fungsinya, Sekretaris dibantu oleh :



a)Kepala Sub Bagian Umum



Kepala Sub Bagian Umum mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris dalam melaksanakan tugas di bidang urusan umum. Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Sub Bagian Umum mempunyai fungsi :



a.Melaksanakan pengumpulan data/bahan dan referensi untuk kebutuhan pelaksanaan tugas dan fungsi sekretariat



b.Melaksanakan penyusunan perencanaan/program kerja Sekretariat dan Sub Bagian Umum



c.Melaksanakan penyusunan dan pengelolaan data kepegawaian



d.Melaksanakan penyiapan dan pengusulan kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala dan pensiun pegawai, peninjauan masa kerja dan pemberian penghargaan, serta tugas/ijin belajar, pendidikan dan pelatihan kepemimpinan/structural, fungsional dan teknis



e.Melaksanakan penyusunan bahan pembinaan disiplin pegawai



f.Melaksanakan penyiapan bahan pengembangan karier dan mutasi serta pemberhentian pegawai



g.Melaksanakan pengusulan gaji berkala dan peningkatan kesejahteraan pegawai dan jabatan dilingkungan dinas



h.Melaksanakan penyiapan bahan pembinaan kelembagaan dan ketatalaksanaan kepada unit dilingkungan dinas



i.Melaksanakan penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan



j.Melaksanakan administrasi/penatausahaan, penerimaan, pendistribusian, surat-surat, naskah dinas dan arsip



k.Melaksanakan penggandaan naskah dinas



l.Melaksanakan urusan keprotokolan dan penyiapan rapat-rapat



m.Melaksanakan pengelolaan hubungan masyarakat, pelayanan umum pelayanan minimal dan pendokumentasian surat-surat, barang bergerak dan barang tidak bergerak



n.Melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan sarana dan prasarana pengurusan rumah tangga, pemeliharaan/perawatan lingkungan kantor, kenderaan dan asset lainnya serta ketertiban, keindahan keamanan dan layanan kantor



o.Melaksanakan penyusunan laporan, evaluasi dan monitoring kegiatan Sub Bagian Umum



p.Melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan



q.Melaksanakan pengelolaan dan pembinaan perpustakaan dinas



r.Melaksanakan penyerasian ketikan naskah dinas



s.Melaksanakan pengelolaan kepegawaian pada Unit Pelaksana Teknis dinas



t.Melaksanakan pembinaan kearsipan dinas dan Unit Pelaksana Teknis dinas



u.Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait



v.Melaksanakan tugas lain, sesuai dengan tugasnya



 



b)Kepala Sub Bagian Keuangan



Kepala Sub bagian Keuangan mempunyai tugas membantu Sekretaris dalam melaksanakan tugas di bidang keuangan. Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi :



a.Melaksanakan pengumpulan data/bahan dan referensi untuk kebutuhan pelaksanaan tugas dan fungsi sekretariat



b.Melaksanakan penyusunan perencanaan/program kerja Sekretariat dan Sub Bagian Keuangan



c.Melaksanakan penyusunan bahan dan penyiapan anggaran dinas



d.Melaksanakan pengadministrasian dan pembukuan keuangan dinas



e.Melaksanakan penyusunan pembuatan daftar gaji dan tunjangan daerah



f.Melaksanakan pembinaan perbendaharaan keuangan



g.Melaksanakan penyiapan bahan dan pembinaan pengelolaan teknis administrasi keuangan



h.Melaksanakan pembayaran gaji pegawai dan penghasilan tambahan lainnya



i.Melaksanakan verifikasi keuangan



j.Melaksanakan penatausahaan belanja langsung dan belanja tidak langsung pada dinas dan Unit Pelaksana Teknis



k.Melaksanakan Sistem Akuntansi Instansi (SAI) dan penyiapan bahan pertanggunjawaban keuangan



l.Melaksanakan koordinasi penyusunan bahan evaluasi dan pelaporan administrasi keuangan



m.Melaksanakan pengendalian administrasi perjalanan dinas pegawai



n.Melaksanakan pelayanan dan penyiapan bahan atas pengawasan



o.Melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan



p.Melaksanakan koordinasi dengan Unit Kerja terkait



q.Melaksanakan tugas lain, sesuai dengan tugasnya



 



c)Kepala Sub Bagian Program



Kepala Sub Bagian Program mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris dalam melaksanakan tugas di bidang Program. Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Sub Bagian Pogram mempunyai fungsi :



a.Melaksanakan pengumpulan data/bahan dan referensi untuk kebutuhan pelaksanaan tugas dan fungsi sekretariat



b.Melaksanakan penyusunan perencanaan program kerja Sekretariat dan Sub Bagian Program



c.Melaksanakan koordinasi penyusunan perencanaan/program kerja sekretariat dan Sub Bagian Program yang meliputi pengembangan kebudayaan dan pariwisata



d.Melaksanakan penyusunan bahan rencana strategis, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), LKPJ dan LPPD Dinas



e.Melaksanakan penyusunan pengkoordinasian evaluasi dan monitoring



f.Melaksanakan pengelolaan dan pembinaan sistem informasi kebudayaan dan pariwisata



g.Melaksanakan penyusunan pengelolaan data kebudayaan dan pariwisata 



h.Melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan



i.Melaksanakan koordinasi dengan Unit Kerja terkait



j.Melaksanakan tugas lain, sesuai dengan tugasnya



Drs. Elisa Marbun, M.Si

097334

Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 3612
Hits hari ini : 69
Total Hits : 97334
Pengunjung Online : 1