Lestarikan Budaya, Disbudparsu Gelar Festival Tari dan Musik Tradisional

Home / Berita  / Lestarikan Budaya, Disbudparsu Gelar Festival Tari dan Musik Tradisional

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara (Disbudparsu) melalui UPT. Taman Budaya gelar Festival Tari Tradisi Toba, Melayu, Nias dan Festival Musik Tradisi Sumatera Utara berlangsung selama 2 hari (25 – 26 Juni) di Panggung Keong UPT. Taman Budaya.

Melalui gelar pentas seni yang ditampilkan oleh masyarakat Toba, Melayu, dan Nias pada kegiatan Festival Tari dan Musik Tradisional dapat melestarikan budaya dan menumbuhkan rasa cinta akan kebudayaan daerah kepada generasi muda Indonesia khususnya generasi muda Sumatera Utara.

Disbudparsu diwakili Terbit Tarigan menyampaikan bahwa even ini akan menjadi salah satu media komunitas penggiat seni Sumatera Utara berinovasi untuk meningkat kapasitas dan kreativitas sehingga melahirkan penata musik yang handal dan penari yang energik, dengan demikian kesinambungan pengembangan seni tari dan musik tradisional terus hidup pada masyarakat Sumut.

Dalam Festival Tari, Juara I kategori Toba Sanggar Tari IKB Tobasel, Juara II Sanggar Tari Gesture Crew, Juara III sanggar Nusa Indah Ent. Kategori Melayu Juara I Sanggar Anugrah Seni Medan, Juara II sanggar Nusa Indah Ent dan juara III sanggar Sangri Cerita. Kategori Nias Juara I Sanggar Ladari, Juara II Sanggar Sinari G. Sitoli juara III Sanggar Fanayama.Pemenang Festival Musik Juara I Group Gekampar, Juara II Group Raptama Mandailing entertainment, dan juara III Group Munus 21.