Disbudparpora Nias Selatan Koordinasi Pendukungan Event Pariwisata

Home / Berita  / Disbudparpora Nias Selatan Koordinasi Pendukungan Event Pariwisata

Medan, (9/2) – Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan meminta dukungan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony, dalam rangka event West Sumatera Yacht Rally 2022 dan Kejuaraan Surfing internasional Nias Pro WSL QS 5000 di Nias Selatan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan, Anggreani Dachi di kantor Disbudpar Sumut, Rabu (9/2/2022) mengatakan, dalam waktu dekat ini Nias Selatan akan ada kunjungan rally kapal layar yacht dan kejuaraan Surfing Internasional.

“Para pelayar asing ini akan melintasi perairan Indonesia dan singgah dan berwisata di 14 Destinasi di Indonesia dan salah satunya adalah Kabupaten Nias Selatan. Rally yacht ini tarafnya sudah Internasional. Bagaimana tidak, para pesertanya sedikitnya menggunakan 32 kapal yacht yang berasal dari mancanegara,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony (kiri) bersama Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan, Anggreani Dachi (kanan) di kantor Disbudpar Sumut.

Anggreani berharap dengan adanya kunjungan ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut dapat mendukung sektor pariwisata daerah dikemas menjadi rangkaian paket wisata dengan cara menyebarluaskan informasi keberadaan destinasi wisata di Nias Selatan, sehingga dimasa yang akan datang semakin banyak wisatawan yang berminat datang ke daerah ini.

“Surfing dan rally yacht dunia sangat berpotensi memperkenalkan potensi wisata Sumatera Utara maupun Nias Selatan, selain itu juga dapat meningkatkan perekonomian bagi warga lokal. Saya menyarankan agar digelar kegiatan saat surfing dan rally yacht berlangsung nantinya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony S.Sos, M.Si mengatakan atas permintaan dukungan itu, Disbudpar Sumut menekankan pentingnya kolaborasi antara daerah dengan semangat gotong royong untuk meningkatkan pariwisata.

Kepulauan Nias khususnya Nias Selatan memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan. Selain desa wisata lompat batu Bawomataluo yang sudah dikenal dunia. Nias Selatan juga memiliki wisata sport tourism seperti Surfing.

“Intinya kami (Disbudpar Sumut) siap mendukung kegiatan event Nias Selatan dan berkelanjutan,” katanya.