Ceko Jajaki Kerja Sama dan Investasi di Sumut

Home / Berita  / Ceko Jajaki Kerja Sama dan Investasi di Sumut

Medan, (27/4) – Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Ceko, Jaroslav Dolecek berkunjung ke Medan yang diterima langsung oleh Sekda Provinsi Sumut R Sabrina di kantor Gubernur Sumut, di Medan, Selasa 27 April 2021.

Dalam pertemuan tersebut pemerintah Ceko siap untuk menjajaki kerja sama dan berinvestasi di Provinsi Sumatera Utara dalam bidang konservasi alam, perkebunan, pariwisata dan pendidikan.

Dalam pertemuan itu, Dubes Jaroslav Dolecek mengemukakan kunjungannya yang keempat di Sumut itu merupakan persiapan awal dari rencana Menteri Lingkungan Hidup yang akan mengunjungi Indonesia.

Nantinya Menteri LH Ceko akan memantapkan serangkaian kerjasama dengan Indonesia, termasuk Sumut, seperti pendidikan, pariwisata, dan konservasi alam, serta teknologi.

“Ini adalah kunjungan mengawali kunjungan menteri kami yang akan datang ke Indonesia bersama puluhan pengusaha atau pebisnis Ceko untuk menjajaki kerjasama,” kata Jaroslav.

Ceko, tertarik untuk menjajaki kerjasama dengan Pemprov Sumut. “Dan pariwisata Sumut menarik untuk dikerjasamakan. Kami yakin warga Ceko nantinya banyak datang menikmati wisata Sumut,” ujarnya

Sementara itu, Sekdaprov Sumut, R Sabrina, memaparkan Sumut adalah provinsi yang terbuka untuk melakukan kerjasama. Ia mengemukakan sejumlah potensi investasi, seperti KEK KEK Sei Mangke, KEK Kuala Tanjung, Toba Caldera Resort, LRT, Sport Center Sumut.

Dan di tempat yang sama, Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, dr Ria Nofida Telaumbanua M.Kes, juga memaparkan potensi pariwisata Sumut kepada Dubes Ceko termasuk Destinasi Super Prioritas Danau Toba.

Selain itu, Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Sumut Kementerian LH, Hotmauli Sianturi, juga memberi paparan, Wakil Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Edi Ikhsan, Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Yanhar Jamaluddin, dan mewakili manajemen PTPN 4, juga memberi paparan.