Museum Pusaka Nias Siap Direvitalisasi

Home / Berita  / Museum Pusaka Nias Siap Direvitalisasi

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara berencana merenovasikan salah satu rumah adat Nias yang berada di Museum Pusaka Nias.

Hal ini disampaikan dr Ria Nofida Telaumbanua M.Kes didampingi Kabid Badan Litbang Provsu Martina Silaban saat mengunjungi museum Pusaka Nias di Kota Gunungsitoli, Selasa 21 April 2021.

Ria menjelesakan, Revitalisasi museum adalah kesadaran untuk menempatkan kembali arti penting museum secara proporsional dan kontekstual yang bertujuan untuk menjaga aset Budaya Asli Nias.

Dengan demikian, museum diharapkan dapat mengubah citra dan wajah museum Pusaka Nias menjadi lebih menarik dan prima sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Perlu diketahui, Museum Pusaka Nias dipelopori oleh Pastor Johannes M. Hämmerle, OFMCap, seorang rohaniwan Gereja Katolik. Gedung induknya mulai didirikan pada 10 November 1995 dengan mengoleksi 6.000-an artefak etnografi, arkeologi, sejarah, keramik, seni rupa dan batu-batu megalit.