Disbudpar Sumut menyosialisasikan program sertifikasi Tenaga Ahli Cagar Budaya

Home / Berita  / Disbudpar Sumut menyosialisasikan program sertifikasi Tenaga Ahli Cagar Budaya

 

Para peserta calon sertifikasi Tenaga Ahli Cagar Budaya (TACB) dari masing masing daerah kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara membidangi kebudayaan mengikuti Zoom meeting Focus Group Discussion (FGD).

Medan, (17/2) – Bidang Sejarah dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara mengundang 33 Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara melalui dinas yang membidangi kebudayaan mengikuti Zoom meeting Focus Group Discussion (FGD) pada Rabu, 17 Februari 2021 untuk menyosialisasikan program sertifikasi Tenaga Ahli Cagar Budaya (TACB) serta mengordinasikan pelaksanaan sertifikasi pada tahun 2021.

Program sertifikasi TACB adalah salah satu program pengelolaan kekayaan Budaya di Sumatera Utara yaitu Fasilitasi Pelatihan Tenaga Ahli Cagar Budaya dan Assesment untuk mendapatkan sertifikat Tenaga Ahli Cagar Budaya dalam menjalankan amanat UU no 11 tahun 2010 tentang cagar budaya melalui perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan cagar budaya.

Dinas Kebudayaan dan pariwisata Provinsi Sumatera Utara dalam hal ini telah menghimbau masing–masing Kabupaten/Kota untuk dapat mendukung pelaksanaan dimaksud dengan menggangarkan kegiatan Pelatihan dan Assesment serta mengakomodir peserta pelatihan dan assesment dari Kabupaten/Kota masing–masing Se-Sumatera Utara.

Yang hasilnya akan ditindaklanjuti dengan penyampaian fortopolio para calon peserta sertifikasi Tenaga Ahli Cagar Budaya (TACB) dari masing masing daerah kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara untuk disampaikan kepada LSP P2 Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bertindak sebagai narasumber adalah Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara Dr. Ketut Wiradnyana, M. Si dan Kepala Bidang Sejarah dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Rumerahwaty Berutu, SE, M. Si. Serta moderator Kepala Seksi Pembinaan Pelestarian Sejarah dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Junaidi Purba, SE.

Kepala Bidang Sejarah dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Rumerahwaty Berutu, SE, M. Si (tengah) menggelar Zoom meeting Focus Group Discussion (FGD) menyosialisasikan program sertifikasi Tenaga Ahli Cagar Budaya (TACB).