Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumut Hadiri Peluncuran Kampanye Beli Kreatif Danau Toba di Dairi

Home / Berita  / Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumut Hadiri Peluncuran Kampanye Beli Kreatif Danau Toba di Dairi

 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sumatera Utara Arief Sudarto Trinugroho (duduk ditengah) menyaksikan Menparekraf Sandiaga Uno (di panggung) berpidato sebelum membuka peluncuran acara Beli Kreatif Danau Toba.

Dairi, (20/2) – Mewakili Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sumatera Utara Arief Sudarto Trinugroho yang didampingi Kepala Bidang Bina Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Drs Muchlis MSi menghadiri acara Launching kampanye Beli Kreatif Danau Toba di Desa Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sabtu (20/2).

Kampanye Beli Kreatif Danau Toba merupakan program turunan dari Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Launching dibuka langsung secara virtual melalui video, dalam sambutan oleh Presiden Joko Widodo bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Johnny G Plate , dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo itu berjalan lancar dan sukses.

Dalam acara tersebut juga digelar pembelian produk pameran secara langsung (digital) Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang dilakukan oleh para menteri termasuk menteri yang hadir Menparekraf, Sandiaga Uno.

Arief Sudarto Trinugroho mengatakan saat ini industri kreatif merupakan sektor ekonomi yang sedang berkembang di Indonesia yang dianggap sebagai industri paling menguntungkan secara nasional melalui peningkatan nilai tambah produk sebagai hasil kreativitas dan inovasi seseorang.

Danau Toba kaya akan seni dan budaya. Hal ini menjadikan Sumatera Utara memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan sektor pariwisata dan industri kreatif.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberikan dukungan melalui berbagai jalur promosi, program pasar terjangkau, dan program pendukung lainnya yang memberikan dampak posotif terhadap para pelaku ekonomi kreatif.

Dalam kesempatan acara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sumatera Utara Arief Sudarto Trinugroho bersama Menparekraf Sandiaga Uno menyaksikan Launching Produksi Film Mauli Bulung, hasil Inkubasi program SCENE 2020.

Mauli Bulung adalah salah satu hasil program SCENE – Masterclass Pengembangan, Skenario Film yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf di Medan tahun 2020.

Penulis Mauli Bulung adalah Immanuel Prasetya Gintings dari Medan, dan akan diproduksi menjadi film oleh Temata Studio, Jakarta pada tahun 2021 dengan lokasi shooting di Tomok Samosir dan Kawasan Danau Toba lainnya.

Sementara itu Menparekraf Sandiaga Uno berharap dengan kampanye Beli Kreatif Danau Toba tidak hanya menjadikan peluang besar bagi para artisan di Danau Toba tetapi juga di Sumatera Utara dan di Indonesia.

“Kita bangga, dan berpihak kepala produk ekonomi kreatif lokal. Kita akan lakukan pendampingan, untuk mendukung program ini, kita akan tampilkan di semua platform kita,” katanya.

Selain pameran produk kreatif, kegiatan tersebut juga menampilkan seni tari budaya, fashion show dan musik.