Deputi Bidang Koordinasi Parekraf Bahas Akses Permodalan UMKM Dikawasan Danau Toba

Home / Berita  / Deputi Bidang Koordinasi Parekraf Bahas Akses Permodalan UMKM Dikawasan Danau Toba

Sore ini (9/6) Dinas Kebudayan Dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Utara (Sumut) mengikuti Forum Diskusi Terpadu (FGD) dari Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Konferensi Video, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait Akses Permodalan Unit Usaha Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di DPSP Danau Toba.

Dalam rapat Video Conference dihadiri bebeapa Bupati yang ada dikawasan Danau Toba, sementara Dinas Disbudpar Sumut diwakili Dra. Rismaria Hutabarat, Kepala Bidang Seni Budaya dan Pengembangan Ekonomi Kreatif.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjelaskan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sejat tahun 2017 telah mengimplementasikan program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP). Melalui BIP ini diberikan bantuan akses permodalan non perbankan kepada pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) sub sektor aplikasi digital dan pengembang game serta kuliner. BIP ini diberikan berupa hibah untuk modal kerja dan / atau investasi yang diperlukan untuk memperbaiki kebutuhan usaha / produksi pertanggungan. BIP pada tahun 2020 sesuai dengan penggabungan Bekraf dengan Kementerian Pariwisata menjadi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, akan tetap dilanjutkan dengan menambah sub sektor ekraf lainya dan sektor usaha pariwisata. Secara ringkas, dalam program ini. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berminat harus menerima permohonan / proposal bantuan kepada Kemenparekraf melalui laman (situs web) yang telah ditentukan dengan melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan. Kemudian Tim Kemenparekraf akan menseleksi UMKM dengan melakuka Penerimaan (kurasi) dari proposal.

UMKM yang diberikan bantuan adalah yang paling baik nilainya Selain program bantuan permodalan dari pemerintah, melalui program CSR / PKBL pun tersedia berbagai tawaran model bantuan, baik berupa pinjaman gratis maupun hibah. Salah satunya adalah dari program CSR PT. Pertamina (Persero). Sebagai tanggung jawab sosial dan lingkungan PT. Pertamina telah melaksanakan Kegiatan, salah satunya melalui SMEPP & SR (Program Kemitraan Usaha Kecil Menengah & Tanggung Jawab Sosial) atau lebih dikenal dengan sebutan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan)

Dimasa Covid-19 ini langkah Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membantu para UMKM yang ada dikawasan Danau toba dengan perlindungan yang sudah ditentukan. Diharapkan minggu depan Dinas yang terkait sudah memferikasi UMKM yang akan diusulkan.