Seluruh Pegawai Disbudpar Sumut Jalani Rapid Test

Home / Berita  / Seluruh Pegawai Disbudpar Sumut Jalani Rapid Test

Mengantisipasi pencegahahan menyebaranya Covid 19 khususnya dijajaran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Utara (Sumut), setelah seluruh pegawai menjalankan tugas dari rumah (wfh), hari ini Disbudpar Sumut melakukan Rapid Test untuk seluruh pegawai (14/5/2020)

Kepala Disbudpar Sumut, Ria Novida menjelaskan tujuan Rapid Test ini agar kita dapat mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan Covid-19 dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus Covid-19 tidak semakin bertambah di Sumut.

“Seluruh pegawai mengikuti Rapid test dan semua nya negatif. Rapid test dilakukan sesuai dengan protokol Covid 19 yang sudah di tetapkan. Didukung oleh Dokter dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara memakai APD lengkap serta menjaga jarak satu sama lain. Setiap peserta juga wajib menggunakan masker,” terangkannya.

Rapid test sendiri adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan Covid-19. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

“Prosedur pemeriksaan rapid test dimulai dengan mengambil sampel darah dari ujung jari yang kemudian diteteskan ke alat rapid test. Selanjutnya, cairan untuk menandai antibodi akan diteteskan di tempat yang sama. Hasilnya akan berupa garis yang muncul 10–15 menit setelahnya,” terangkanya.

Hasil positif pada rapid test menandakan bahwa orang yang diperiksa pernah terinfeksi Covid-19.

“Seluruh Pegawai yang ada dijajaran Disbudpar Sumut berkomitmen untuk selalu mendukung pemerintah Provinsi Sumut dalam pencegahan Covid-19.