Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Mengirimkan 125 Paket APD Ke Nias

Home / Berita  / Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Mengirimkan 125 Paket APD Ke Nias

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengirimkan 125 paket Alat Perlindungan Diri (APD) berupa baju coverall dan sepatu boot untuk Kepulauan Nias. Ini merupakan bagian dari upaya Pemprov untuk percepatan penanganan Covid-19 di daerah ini.

APD tersebut diserahkan Kepala Dinas Pariwisata Sumut Ria Telaumbanua kepada Wakil Bupati Nias Arosekhi Waruwu di Pendopo Bupati Nias, Ononamolo I GunungSitoli, Jumat (27/3). “Pertama Saya sampaikan salam Bapak Gubernur. Dua hari lalu beliau menelpon saya, memberikan instruksi langsung agar membawakan APD ke Kepulauan Nias. Sebenarnya ini bisa dikirimkan lewat paket. Namun beliau ingin saya mewakilkannya untuk memberikan langsung kepada bupati/walikota yang ada di Kepulauan Nias,” ujar Ria.

Dikatakan Ria, Pemprov Sumut saat ini baru menerima bantuan sekitar 1000 APD dari pemerintah pusat dan langsung didistribusikan ke daerah kabupaten/kota. Nias adalah daerah pertama yang mendapat kiriman APD tersebut.

Ria berpesan kepada para bupati dan walikota se-Kepulauan Nias agar serius mengantisipasi penyebaran Covid-19. “Saya ingin sampaikan kepada bapak/ibu sekalian bahwa saat ini penyebaran virus corona tidak bisa dianggap main-main. Untuk itu saya ingin seluruh kabupaten/kota yang ada di Kepulauan Nias ini serius untuk menanggulangi ini. Kepulauan ini harus kita jaga, itu yang paling dipesankan oleh Bapak Gubernur,” tambahnya.

Gubernur juga meminta agar ODP yang masuk ke Nias harus dipantau dengan ketat. “Yang penting saat ini adalah pencegahan. Setiap orang masuk harus benar-benar diidentifikasi. Yang berstatus ODP itu kalau perlu ditelepon tiga kali sehari. Pastikan dia terus berada di rumah. Jangan sampai ada yang positif di pulau ini,” ujarnya.

Pada pertemuan tersebut turut hadir Dandim 0213/nias Letkol Inf.TP.Lobuan Simbolon, Wakapolres Nias Kompol Yafao Harefa, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara Yafeti Nazara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Wilser J. Napitupulu dan Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Nias Marthin L.Harefa.