Blog

Home / Berita  / Penanganan Covid – 19 Protokol Area Bidang Kepariwisataan

  1. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara melakukan Koordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota untuk mengetahui rencana dan kesiapan daerah setempat dalam menghadapi Covid – 19.
  2. Destinasi Wisata yang dibawah pengelolaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Suamatera Utara yaitu, UPT Museum Negeri Provsu, dan UPT Taman Budaya untuk sementara ditutup operasionalnya terutama bagi pengunjung dan aktivitas pertunjukan
    Seni Budaya.
  3. Untuk Destinasi Wisata yang dikelola KabupatenKota dan pihak Swasta kami himbau agar mempertimbangkan faktor kesehatan apakah masih dimungkinkan beroperasi atau harus dihentikan sementara.
  4. Bilamana masih memungkinkan beroperasi hendaknya secara ketat mengawasi para pengunjung yang datang ke Objek Wisata dimaksud, bilamana ada pengunjung yang sakit
    atau gejala tertular Covid – 19 diberitahukan secara halus agar yang bersangkutan dirujuk ke Rumah Sakit Rujukan yang ditunjuk Pemerintah.
  5. Bagi Pengelola Objek Wisata agar menyediakan alat pengukur suhu tubuh di Pintu Masuk/Kedatangan di Objek Wisata.
  6. Kepada seluruh pengelola Objek Wisata agar memperhatikan Sanitasi, Kebersihan dan Kenyamanan agar terhindar dari penularan Covid – 19.
  7. Agar setiap Pengelola Objek Wisata untuk menyediakan Klinik atau Pos Kesehatan di setiap Destinasi Wisata untuk memantau dan membantu bilamana ada pengunjung yang
    mengalami gejala Covid-19.
  8. Menghimbau Kabupaten/Kota dan Pengelola Hiburan Malam seperti Karaoke, PUB, Spa, Diskotik, Panti Pijat, Sauna dan sejenisnya yang dikhawatirkan menjadi wadah kontak
    dan penularan Covid-19 untuk menutup sementara sampai batas waktu yang tidak ditentukan.
  9. Kepada Pengelola Hotel, Penginapan, Bungalow, Homestay dan Sejenisnya agar mengawasi secara ketat penginapannya bilamana ada dikhawatirkan terjangkit Covid – 19.
  10. Setiap hotel dan sejenisnya wajib memiliki Alat Pengukur Suhu Tubuh untuk digunakan para pengunjung yang akan dan telah menginap di Hotel tersebut.
  11. Agar setiap hotel untuk mempersiapkan Fasilitas berupa Hand Sanitaizer, Pos Informasi tentang kesehatan dan Rumah Sakit terdekat untuk memantau kondisi kesehatan yang menginap di Hotel tersebut.
  12. Melaksanakan pendataan dan pemantauan secara berkala kondisi kesehatan kepada tamu yang menginap dihotel dan karyawan hotel tersebut untuk memastikan kondisi kesehatannya.
  13. Menjaga higienitas makanan dan minuman yang disediakan restoran di Hotel untuk memastikan bahwa makanan benar – benar aman untuk dikonsumsi.
  14. Bagi para pengelola Restoran, Rumah Makan, Cafe dan sejenisnya agar memperhatikan higienitas makanan dan minuman yang akan disajikan pengunjung dan menyediakan Hand Sanitaizer dan Pengukur Suhu Tubuh di Pintu Masuk.
  15. Menghimbau agar semua stakeholder Kepariwisataan meliputi HPI, ASITA, PHRI, PUTERI, ASPPI, ASPERAPI, ICA, APPARA, GIPI, GENPI, KOPPI, PPJI, INCCA, DKSU, ASTINDO, HITA agar benar – benar ikut serta dalam pencegahan penyebaran Covid – 19 di tempat masing – masing dan dan meneruskan himbauan ke pengurus DPC Kabupaten/Kota sesuai kewenangan masing – masing.
  16. Menghimbau agar seluruh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota untuk terus mengamati dan mencermati para tamu yang datang di lokasi Objek Wisata yang mengalami gejala Covid – 19 segera diamankan dan ditindaklanjuti kepada siapa, kemana,
    dimana dia berinteraksi, supaya berusaha untuk memutus rantai terjangkitnya Covid – 19
  17. Melarang Staff dan Pejabat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara untuk bepergian ke Luar Negeri dan juga ke Luar Kota dan jika harus pergi harus melapor ke atasan. Diharapkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota dianjurkan juga mengikutinya agar terlaksana ‘’Social Distance’’ sebagaimana yang diharapkan Pemerintah Pusat.