Pemakaian Bulang Sulappei Raih Rekor MURI dalam Festival Danau Toba 2019

Home / Berita  / Pemakaian Bulang Sulappei Raih Rekor MURI dalam Festival Danau Toba 2019

INDNEWS.ID, Simalungun-Festival Danau Toba 2019 di Parapat, Simalungun, Kawasan Danau Toba, mengangkat tema “Inspiring Danau Toba” hari ini resmi dibuka. Acara yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi oleh (Pemprov) Sumut melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tersebut bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata RI, Badan Otorita Danau Toba, 8 Kabupaten di kawasan Danau Toba, serta para stakeholder pariwisata dan budaya.

Festival Danau Toba 2019 tersebut pun ditargetkan akan mencatatkan Rekor Muri pemakaian Bulang Sulappei terbanyak 1.000 orang, temasuk para wisatawan.

Bulang Sulappei adalah tudung kepala perempuan yang terbuat dari kain tenun Simalungun. Seperti kita ketahui, Ibu Negara Hj. Iriana Jokowi saat mengikuti upacara detik–detik Proklamasi di Istana Negara, Sabtu 17 Agustus 2019 mengenakan Bulang.

Menurut Ketua Milenial Simalungun, Jhon Mejer Purba mengatakan, generasi muda Simalungun turut bangga atas Rekor MURI Bulang Sulappei tersebut. Mari terus kita lestarikan dalam kehidupan sehari-hari.

Jhon Mejer Purba yang juga merupakan Sekretaris Pelestarian Warisan Budaya di Batak Center mengapresiasi Pemprov SUMUT untuk terus konsisten mengembangkan pelestarian warisan budaya yang berasal dari wilayah Sumatera Utara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Ria Telaumbanua menjelaskan, rekor Muri pemakaian Bulang Sulappei dipilih dalam rangkaian FDT karena kain tenun asal Simalungun ini sudah jarang digunakan. Hal tersebut juga dilakukan guna melestarikan budaya asli Simalungun.

“Tidak hanya sekadar dipakai, pada saat bersamaan, juga ada atraksi seni melipat kain Bulang Sulappei. Jadi FDT ini juga tujuannya menunjukkan budaya asli daerah kepada masyarakat atau wisatawan untuk mengenalkan kebudayaan Simalungun,” jelas Ria.

Sumber : https://indnews.id/pemakaian-bulang-sulappei-raih-rekor-muri-dalam-festival-danau-toba-2019/