Peserta lomba Festival Solu sebelum bertanding foto bersama. (Tumbur Tumanggor)

Medanbisnisdaily.com-Balige. Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara menggelar Festival Solu Tradisional di Sunset Beach di Desa Tambunan Lumban Gaol, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), yang diikuti 100 orang peserta dari berbagai kecamatan di daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Sumut, Ria Novita Telambanua, mengatakan, even Festival Solu Tradisional adalah kali kedua setelah tahun lalu digelar. Jumlah peserta festival saat ini diikuti 100 orang dengan berbagi nomor, baik pria maupun wanita.

“Harapan kami, penyelenggaraan bisa berjalan sesuai rencana yang mengutamakan bagaimana para pengunjung bisa menikmati keindahan Danau Toba yang dilengkapi dengan kegiatan lomba solu, ” ujar Ria, Sabtu (23/11/2019), di Pantai Sunset Beach.

Ria menyampaikan, sebagai juara bukanlah yang utama namun bagaimana kebersamaan dan mendukung kemajuan dari sektor pariwisata adalah paling penting sebagai wujud mendukung program nasional yang menjadikan pariwisata sebagai unggulan menghasilkan devisa.

“Mari seluruh lapisan masyrakat khususnya warga di pantai Sunset Beach melayani tamu dengan penuh ramah tujuannya agar pengunjung lebih suka dan ingin menikmati suasana indah di kawasan pantai ini, ” ajaknya kepada warga.

Sekretaris Daerah Toba Samosir, Audhi Murphi Sitorus membuka Festival Solu Tradisional menyampaikan terima kasih kepada provinsi atas perhatian menyelenggarakan kegiatan.

Murphi berharap setelah penyelenggaraan kedua pada tempat yang sama, maka festival Solu Tradisional itu bisa menjadi agenda tahunan yang memiliki gaung menggelorakan pariwisata di Danau Toba.

“Kepada warga, mari kita sama-sama mendukung penyelenggaraan festival ini. Dengan pelaksanaan festival semacam ini kami meyakini akan mendongkrak pendapatan usaha lokal maupun masyarakat di kawasan lokasi wisata,” katanya.

Festival Solu Tradisional oleh Dispar Provsu dan bekerja sama dengan Dispar Tobasa akan berlangsung hingga terselesaikan dalam satu hari dan didukung oleh utusan berbagai kecamatan sebagai peserta lomba.

Sumber : MedanBisnisDaily