Keindahan Gumbu Park air terjun denga tiga tingkatan yang ada di desa Hilisataro Kecamatan Toma Nias Selatan. (Wilson Loi)

Medanbisnisdaily.com – Nisel. Air Terjun Gumbu atau lebih dikenal dengan Gumbu Park merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Desa Hilisataro, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan. Air terjun Gumbu dapat ditempuh sekitar 30 menit dari Kota Telukdalam atau sekitar 10 menit dari Desa Hilisataro dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau kendaraan roda 4.

Gumbu Park memiliki keindahan dengan tiga tingkatan. Air terjun Gumbu ini masih alami dan asrih ditambah dengan suasana alam serta gemercik air dan kicauan burung melengkapi suasana alam di Gumbu Park. Hal tersebut dikatakan Jhon Laia salah satu pengunjung air terjun Gumbu kepada medanbisnisdaily.com di lokasi air terjun, Minggu (10/11/2019).

“Ini sudah ke tiga kalinya saya kesini bersama teman-teman. Yang membuat kita betah disini karena suasana alamnya yang sejuk dan asrih, ditambah lagi dengan bentuk air terjunnya dengan tiga tingkatan,” tuturnya.

Air Terjun Gumbu memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan tiga tingkatan. Air terjun Gumbu merupakan air yang berasal dari dalam gua batu. Konon katanya air terjun Gumbu tidak pernah mengalami keruh ketika diguyur hujan. Keunikan yang dimiliki air terjun Gumbu ini menambah eksotisnya menjadi salah satu objek wisata yang dapat dikunjungi baik keluarga maupun kelompok rombongan lainnya.

Pada saat di guyur hujan wilayah itu beberapa waktu lalu dan sungai sekitar air terjun Gumbu mengami banjir sehingga menyebabkan air terjun Gumbu ini memiliki dua objek. Pasalnya sekitar 15 meter dari air terjun Gumbu mengali longsor sehingga sebagian dari air terjun Gumbu tersebut mengalir di wilayah tanah longsor tersebut.

Selain memiliki dua objek, keindahan air terjun Gumbu tidak mengalami perubahan signifikan, hanya saja derasan air terjun Gumbu mengali sedikit tekan debit airnya.

Akses jalan menuju air terjun Gumbu dari desa Hilisataro beberapa kilometer telah diaspal hanya sekitar 600 meter yang masih pengerasan.

Jhon Laia dan beberapa pengunjung lainya berharap Pemerintah Desa, Kecamatan dan Pemkab Nias Selatan dapat segera membangun akses jalan menuju air terjun Gumbu tersebut.

Selain pembangunan akses jalan, pengunjung juga berharap ada tempat peristirahatan, jualan makanan dan tempat ganti pakaian.

Sejak dibuka akses jalan menuju air terjun Gumbu, hampir setiap minggunya lokasi ini tidak pernah luput dari kunjungan wisatawan lokal.

Sumber : MedanBisnisDaily