Sumut Tuan Rumah TPO Asia Pasifik 2021, Ijeck Ajak Kabupaten/Kota Mempersiapkan Diri

Home / Berita  / Sumut Tuan Rumah TPO Asia Pasifik 2021, Ijeck Ajak Kabupaten/Kota Mempersiapkan Diri

Wagub Ijeck mengulosi General Secretary of TPO and the Delegations, Prof Dr Kim Soo Il pada Rakor perdana tindak lanjut pasca ditetapkannya Sumut tuan rumah TPO ke-10, di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro Medan, Senin (28/10/2019). (benny pasaribu)

Medanbisnisdaily.com-Medan. Provinsi Sumatra Utara menjadi tuan rumah even wisata bergengsi internasional, yakni General Assembly Tourism Promotion Organization (TPO) atau sidang umum TPO ke-10 untuk anggota dari kota-kota di berbagai negara Asia Pasifik pada September 2021 mendatang.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, pun mengajak semua kabupaten/kita mempersiapkan diri agar Sumut menjadi tuan rumah yang baik bagi para peserta TPO (delegasi dan tamu) yang diperkirakan mencapai 1.500 orang lebih itu dari sekitar 20 negara.

Agar bisa memetik manfaat penyelenggaraan TPO, Pemprov Sumut bersama Pemkab/Pemko harus menyiapkan sejak saat ini seperti pengkoordinasian potensi dan produk unggulans serta informasi penting apa saja yang akan disampaikan kepada para peserta TPO.

Hal itu disampaikan Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, dalam Rakor perdana tindak lanjut pasca ditetapkannya Sumut tuan rumah TPO ke-10, di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro Medan, Senin (28/10/2019).

Hadir pada Rakor itu General Secretary of TPO and the Delegations, Prof Dr Kim Soo Il bersama rombongan, Wakil Ketua DPRD Sumut Salman Alfarisi, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Ria Novida Telaumbanua, dan sejumlah pimpinan OPD, sejumlah kepala daerah dan para pelaku pariwisata di Sumut.

“Dari sekarang sudah bisa merencanakan dan menganggarkan apa-apa yang perlu untuk kegiatan ini. Dan kami harapkan agar seluruh OPD bersinergi tidak hanya Dinas Pariwisata, tetapi juga OPD yang lain,” ujar Ijeck.

Antara lain, sambung Ijeck, Pemkab/Pemko memberikan pelatihan bagi para guide untuk memudahkan dalam penyambutan dan pendampingan para peserta. Kemudian mempersiapkan karya seni dan budaya serta potensi dan produk-produk khas unggulan lokal.

“Ini bisa jadi promosi tempat-tempat wisata dan keunggulan potensi yang dimiliki masing-masing daerah supaya juga kunjungan Wisman dari negara-negara peserta TPO bisa hadir di Sumut,” ujarnya.

Kawasan Danau Toba sebagai super prioritas pengembangan oleh Pemerintah, sudah pasti menjadi salah satu yang akan dikunjungi peserta TPO. Namun di samping itu, ke kawasan daerah lainnya juga diarahkan. Untuk itu perlu kesiapan dari semua pihak,” ujar Ijeck.

Sementara itu, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Ria Novida Telaumbanua, menjelaskan tiket tuan rumah itu berhasil dikantongi Sumut setelah melalui serangkaian persaingan yang ketat, yang kemudian mendapatkan vote terbanyak dari member Executive Committee, serta pada waktu vote pleno dari seluruh member TPO yang hadir pada Sidang Umum TPO ke-9 di Busan, Korea Selatan, Jumat (27/9/2019).

Pada sidang TPO itu, perebutan tuan rumah TPO 2021 itu dipimpin Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, diwakili Kadis Ria Novida Telaumbanua bersama Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Bupati Serdang Bedagai, Soekirman dan Nias.

Sumber : http://www.medanbisnisdaily.com/news/online/read/2019/10/28/90856/sumut_tuan_rumah_tpo_asia_pasifik_2021_ijeck_ajak_kabupaten_kota_mempersiapkan_diri/