Selancar Pantai Sorake dan Lompat Batu Bawomataluo Diperkuat

Home / Berita  / Selancar Pantai Sorake dan Lompat Batu Bawomataluo Diperkuat

Medanbisnisdaily.com-Medan. Pemerintah Pusat, Pemprov Sumut dan Pemda se-Kepulauan Nias, serius mengembangkan sektor pariwisata tidak saja ke dalam negeri, tetapi juga dunia internasional. Namun olahraga menaklukkan ombak atau selancar di Pantai Sorake dan Lompat Batu di Bawomataluo, Nias Selatan, adalah dua hal prioritas yang terlebih dahulu dikembangkan.

Hal itu dikatakan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, dan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, usai bersama menteri lainnya, sejumlah duta besar negara sahabat serta Gubsu, Edy Rahmayadi, menyaksikan kejuaraan Nias Pro International Surfing di Pantai Sorake, Sabtu (14/9/2019).

Kejuaraan selancar yang diikuti 126 peserta dari 15 negara ini menyita banyak perhatian. Sekitar 50.000 orang disebutkan Menkumham menyaksikan kejuaraan selancar itu. “Sektor ini akan diperkuat terlebih dahulu,” sebut Yasonna.

Hal senada juga dikatakan Menpar Pariwisata, Arief Yahya. Disebutkannya Nias memang sangat punya potensi untuk menjadi tempat selancar kelas dunia.

“Potensi Nias untuk selancar sangat besar, jadi kita perlu sepakat dulu kalau selancar ini yang utama akan kita kembangkan,” sebutnya.

Bali juga memulai promosi mereka dari selancar dulu dan sekarang menjadi seperti sekarang ini. “Tetapi, sektor lain juga tidak kita tinggalkan seperti Desa Budaya Bawomataluo yang sedang kita usahakan untuk menjadi warisan budaya UNESCO seperti Danau Toba,” kata Arief Yahya.

 

Sumber : http://www.medanbisnisdaily.com/news/online/read/2019/09/15/86599/selancar_pantai_sorake_dan_lompat_batu_bawomataluo_diperkuat/