Teater Lorong Company Tanjungbalai Raih Juara I Festival Seni Budaya Islam

Home / Berita  / Teater Lorong Company Tanjungbalai Raih Juara I Festival Seni Budaya Islam

Medanbisnisdaily.com-Kelompok Teater Lorong Company Tanjungbalai meraih juara I kelompok terbaik lomba teater Festival Seni Budaya Islam (FSBI). FSBI digelar Teater Generasi dan Himpunan Seni Budaya Islam (HSBI) Medan, di Gedung Utama Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU), Rabu (24/7/2019). Kelompok teater yang dipimpin Bobby Marzai Marpaung itu menampilkan naskah “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail. Selain itu, Teater Lorong Company juga menyabet penghargaan kategori aktor utama dan penyutradaraan terbaik.

Sedangkan kelompok terbaik II diraih Teater Garuda Medan, yang juga membawakan lakon “Ayahku Pulang”. Grup yang bermarkas di Kecamatan Medan Amplas ini juga meraih gelar aktris utama terbaik.

Adapun kelompok terbaik III diraih oleh Teater Techno’s Deli Serdang. Grup yang bersanggar di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan ini mengusung lakon “Dewi Masyitoh” karya Puthut Buchori. Grup ini juga meraih penataan artistik terbaik.

Kategori lainnya adalah aktor pendukung terbaik yang diraih Teater LKK Unimed serta pemeran tokoh Zulaikha dalam lakon Fajar Siddik karya Emilia Sanossa yang ditampilkan Teater Buas.

“Para juri sudah memutuskan hasilnya dan kepada para pemenang untuk tidak berhenti berproses dalam berkesenian,” kata Suyadi San mewakili panitia FSBI kepada medanbisnisdaily.com, Kamis (25/7/2019),

Sementara itu, untuk lomba musikalisasi puisi, juri hanya memilih satu pemenang yakni SMA Swasta Islam Terpadu Indah Medan sebagai juara III. Kebijakan ini diambil juri berhubung dari 7 yang mendaftar, namun yang tampil hanya 3 kelompok.

“Karena pesertanya cuma tiga, kami sepakat menggunakan sistem standar, yaitu berpatok pada standar penilaian angka patokan dan normatif. Hasilnya, cuma berada pada standar angka 70–79, yaitu pada peringkat III alias cukup. Sedangkan dalam lomba drama, kami menggunakan sistem nomine, karena pesertanya lebih kompetitif,” sebut Suyadi. Selain Suyadi, juri lainnya masing-masing, Nasib Ts, Suratman Suras dan Halimatussakdiyah.

Adapun puncak FSBI akan berlangsung di Aula Perpustakaan Provinsi Sumatra Utara, Jalan Brigjen Katamso Medan, Minggu (28/7/19). Acara puncak akan diisi dengan seminar sastra Islam, peluncuran buku antologi puisi “Sajadah”, dan penyerahan hadiah pemenang festival. Untuk seminar akan menghadirkan Shafwan Hadi Umry, Damiri Mahmud, Dahlena Sari Marbun, Tengku Faridah Yafitzha dan Winarti selaku pembedah buku antologi “Sajadah”.