Teater Rumah Mata Wakili Sumut di Temu Teater Se-Sumatera di Jambi

Home / Berita  / Teater Rumah Mata Wakili Sumut di Temu Teater Se-Sumatera di Jambi

Medanbisnisdaily.com-Medan. Teater Rumah Mata Medan akan menjadi perwakilan Sumatra Utara dalam perhelatan Temu Teater Se-Sumatra yang akan berlangsung di Taman Budaya Jambi, 2-4 Agustus 2019. Dalam even itu Teater Rumah Mata akan mementaskan naskah berjudul “Kisah-kisah Tembikar” karya Guslo Manna.

Pimpinan Teater Rumah Mata, Agus Susilo kepada medanbisnisdaily.com Senin (15/7/2019) mengatakan, ia berharap pertunjukan ini dapat membuka ruang eksplorasi yang baru bagi insan teater di Indonesia, khususnya di Sumatra. “Gagasan dan sumber ide teater ada dimana-mana. Kali ini kami angkat Kisah-kisah Tembikar,” kata Agus.

Karya ini merupakan bagian dari proses studi dan penggalian jejak sejarah situs Kota China, Medan Marelan yang belum ini diekskavasi lewat pendekatan teater oleh sejumlah insan teater di Sumatra.

Berikut narasi dari “Kisah-kisah Tembikar”. Bila aku tersudut, itu bukan terkutuk. Tempat ini selalu bergelombang pagi dan sore, siang malam berabad-abad. Badai, tsunami dan letusan Sibayak pernah membawa rumah kami menjadi kapal-kapal pecah. Kisah pasukang kerang menyerbu kampung ini sebagai pengingat bahwa di sini laut dan darat pernah bercinta. Hingga akhirnya semua terbenamdi rahim yang terus bergolak.

Kita bicara tanah, ya tanah. Bila kalian percaya bahwa tanah tidak pernah marah maka cintailah aku. Segala rindu menumbuhkan tubuh. Di jantungku, waktu hanyalah roda yang berputar pada satu titik. Tubuhku begini bukan karena terkutuk. Aku terbentuk dari kisah-kisahmu.

Sumber : http://www.medanbisnisdaily.com/news/online/read/2019/07/15/80670/teater_rumah_mata_wakili_sumut_di_temu_teater_se_sumatera_di_jambi/