Pasar Tikung, Pasar Wisata Pertama di Kota Medan Siap Dilaunching

Home / Berita  / Pasar Tikung, Pasar Wisata Pertama di Kota Medan Siap Dilaunching

Medanbisnisdaily.com-Medan. Pasar Titi Kuning (Tikung) akan menjadi pasar wisata pertama yang ada di Kota Medan. Pasar Tikung yang dibangun dan ditata ulang sejak beberapa tahun terakhir oleh pihak pengembang ini, akan menjawab kebutuhan kepariwisataan di Kota Medan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Agus Suriyono saat Gala Dinner dan Sosialisasi Pasar Tikung di hadapan para pelaku UKM, insan kreatif, asosiasi wisata yang digelar Forum Komunikasi Usaha Kecil Menengah (FK UKM), di Garuda Plaza Hotel, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Selasa malam (9/4/2019).

“Pasar Tikung merupakan 1 dari 52 pasar tradisional yang ada di Medan. Nantinya ini menjadi pasar wisata pertama di Kota Medan,” kata Agus.

Ditambahkan Agus, revitalisasi yang dilakukan pengembang terhadap pasar yang berlokasi di Titi Kuning Medan ini, akan menjadi contoh untuk penataan pasar tradisional lainnya di Kota Medan.

“Kami selaku pemerintah Kota Medan, mendukung dan akan jemput bola untuk menanyakan bila ada hal-hal yang kurang,” janjinya.

Pimpinan Pasar Wisata Tikung, Hendy Ong, menjelaskan, Medan sebagai kota terbesar ketiga dan kota terbesar pertama di Sumatra merupakan gerbang utama industri pariwisata. Kehadiran Pasar Tikung akan mendukung misi dan visi pemerintah di bidang pengembangan ekonomi kreatif.

“Selama ini wisatawan yang datang ke Medan, bisa menghabiskan waktu seharian hanya untuk membeli 5-6 jenis oleh-oleh khas Kota Medan. Hal itu dikarenakan toko yang menjualnya terpisah-pisah. Dengan adanya Pasar Tikung, nantinya mereka hanya butuh 2 jam, karena semua barang-barang itu ada di satu tempat,” katanya.

Hendy mengajak para pelaku ekonomi kreatif, insan pariwisata serta pegiat UKM bersama-sama membesarkan Pasar Tikung ini sehingga menjadi trandmark wisata Kota Medan nantinya.

“Di Singapura, Kuala Lumpur maupun Thailand punya pasar pariwisata dengan konsep sentral market. Jadi turis tinggal datang kesana untuk membeli beragam oleh-oleh khas negara itu,” kata Hendy.

Pasar Tikung direncanakan akan dilaunching pada Juni mendatang. Pasar Tikung hasil penataan ulang pasar tradisional Titi Kuning, Medan yang sudah ada sebelumnya oleh pengembang. Bangunan utama berupa gedung 5 tingkat yang dilengkapi dengan area parkir yang luas dan didesain aman dan nyaman.