Melirik Pantai Batu Hoda Beach Samosir di Libur Hari Raya Nyepi

Home / Berita  / Melirik Pantai Batu Hoda Beach Samosir di Libur Hari Raya Nyepi

Medanbisnisdaily.com-Samosir. Jumlah pengunjung di beberapa objek wisata pantai di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, seperti Pantai Indah Situngkir, Pantai Tandarabun, pada libur Nyepi terpantau sedikit lesu. Sedangkan objek wisata Batu Hoda Beach di Dusun Malau, Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, terlihat ramai.

 

Pantai yang dibuka pada akhir Agustus 2018 itu, walau tak seramai saat libur Imlek Februari lalu yang didatangi ribuan pengunjung, pada libur hari raya Nyepi 2019 yang jatuh pada tanggal 7 Maret, pantauan medanbisnisdaily.com, Kamis (7/3/2019), lebih ramai pengunjung. 

Pantai dengan tiket masuk Rp 14.000/orang, parkir roda empat Rp 10.000, roda dua Rp 5.000, gratis gazebo dan toilet, hingga pukul 14.00 WIB, sudah dikunjungi sekitar 400 wisatawan domestik. 

“Ini sedikit menurun, beda saat libur Imlek kemarin. Ada ribuan pengunjung yang memadati pantai ini. Libur Nyepi hari ini, masih sekitar 400 pengunjung yang datang,” kata salah satu pihak pengelola yang enggan disebutkan namanya. 

Dituturkan, pantai yang setiap harinya buka mulai pukul 09.30 WIB, khusus untuk balita tidak dikenai tiket masuk. Sementara untuk sewa banana boat Rp 40.000/orang, tikar Rp 15.000 tanpa hitungan jam, ban Rp 10.000 hingga puas, dan tersedia menu makanan nusantara, serta menyediakan mushola. 

“Balita tidak kita tiket. Dan tiket Rp 14.000/orang sudah termasuk bebas menggunakan fasilitas seperti toilet, gazebo dan foto spot yang kita sediakan,” ucapnya.

Disampaikan juga, di Batu Hoda Beach, lebih mengutamakan kebersihan, dan tidak diperbolehkan berjualan didalam selain pengelola, agar pengunjung bebas menikmati lokasi pantai dari setiap sudut.

 

Lebih lanjut disampaikan, di Batu Hoda Beach, ada 2 orang yang dipekerjakan oleh manajemen pengelola khusus menangani kebersihan. Dan 20 persen dari Rp 14.000/orang untuk tiket masuk, itu disetorkan oleh manajemen kepada Pemerintah Kabupaten Samosir sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

“Yang pasti, sudah banyak pengunjung yang datang kesini, baik lokal maupun mancanegara. Termasuk Pak Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah sudah kemari usai menghadiri perayaan hari jadi ke-15 Kabupaten Samosir, 27 Februari lalu,” pungkasnya.

 

Dua orang pengunjung warga Tarutung yang kini tinggal di Medan, Diego Sinambela dan Natalia Purba, kepada medanbisdaily.com, mengaku bahwa Pantai Batu Hoda Beach jauh lebih bersih dari Pantai Pasir Putih yang sudah pernah mereka kunjungi sebelumnya.

 

“Bagus pantai ini, bersih, udaranya sejuk karena banyak pepohonan. Fasilitas seperti gazebo dan toilet gratis. Tiket masuk Rp 14.000/orang, menurut kami standar lah. Yang kurang, belum ada sarana bermain untuk anak-anak,” ucap Diego Sinambela.

 

Kata Diego, dari beberapa tempat yang sudah mereka kunjungi di Samosir, seperti Bukit Holbung, sudah cukup bagus. “Yang pasti alam Samosir sejuk, enak lah untuk dikunjungi, apalagi saat musim libur seperti hari ini,” tutup Diego.