Kalender Even Danau Toba 2019, Berikut Gambarannya

Home / Berita  / Kalender Even Danau Toba 2019, Berikut Gambarannya

Medanbisnisdaily.com-Medan. Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) bekerja sama dengan Pemkab se- Kawasan Danau Toba dan berbagai komunitas seni telah meluncurkan kalender even yang akan digelar di berbagai kabupaten di Kawasan Danau Toba (KDT) untuk tahun 2019. Sebagian besar adalah program tahun-tahun sebelumnya.

Berikut dokumentasi medanbisnisdaily.com terkait agenda wisata 2019 itu di tahun 2018, di antaranya:

1. Karnaval Sigale-gale pada tahun 2018 digelar sebagai puncak acara Samosir Arts And Culture Festival. Kegiatan ini berlangsung pada 20 Juni 2018 lalu. Karnaval Sigale-gale diisi dengan pawai fashion yang terbuat dari ulos dan pentas kisah tentang patung Sigale-gale.

2. Toba Caldera World Music Festival. Pada tahun lalu, kegiatan ini digelar di gedung TB Silalahi Center, Balige, Tobasa pada 18 Oktober 2018. Pada tahun lalu kegiatan ini mengangkat tema “Merayakan Bumi lewat Bunyi-bunyian”. Selain musisi Sumatra Utara, festival ini juga mendatangkan pemusik Ayu Laksmi dari Bali dan trio UDW.

3. Tao Silalahi Arts Festival. Kegiatan ini digelar di Silalahi, Dairi pada tahun lalu digelar 20-22 Juli 2018 dengan tema “Menenun Hijau Perbukitan dan Merawat Kearifan Lokal”. Kegiatan ini pada tahun lalu diisi dengan beragam kegiatan antara lain, pentas seni, fun trip, 1000 tenda, pameran kopi, workshop, festival ekologi. Cikal bakal kegiatan ini kerja sama Rumah Karya Indonesia (RKI) bersama sejumlah komunitas seni di Sumatra Utara, dengan Pemkab Dairi dan menyusul dengan BPODT.

4. Festival Tenun Nusantara. Festival ini pada tahun lalu berlangsung di Solo Partungkoan, Tarutung dan Muara, Tapanuli Utara pada 13-17 Oktober 2018. Festival diisi dengan pameran ulos dan kreasinya, workhsop tenun ulos, pentas Opera Batak tentang ulos.

5. Pesta Adat Sihaporas di Pematang Sidamanik, Simalungun. Pada tahun lalu, acara ritual mengucap syukur ini digelar masyarakat adat Sihaporas bekerjasama dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) pada 23-25 Oktober 2018. Acara ini juga ditandai dengan membersihkan sumber-sumber mata air di sekitar pemukiman masyarakat. Belum ada konfirmasi, apakah acara Pesta Adat Sihaporas yang digelar BPODT 2019 ini berkaitan dengan kegiatan yang digelar masyarakat adat Sihaporas tahun 2018.

Sumber : http://www.medanbisnisdaily.com/news/online/read/2019/02/25/67300/kalender_even_danau_toba_2019_berikut_gambarannya/