Sekretaris Kemenko Bidang Kemaritiman RI Buka Acara Pesta Ya’ahowu Di Pulau Nias

Home / Berita  / Sekretaris Kemenko Bidang Kemaritiman RI Buka Acara Pesta Ya’ahowu Di Pulau Nias

Pelaksanaan Pesta Yaahowu, Kamis (23/11/2017) sangat meriah walaupun tertunda beberapa jam karena diguyur hujan, namun penuh dengan suka cita dan dihadiri oleh semua Tokoh Agama , Pemerintah dan toloh Adat yang ada di Pulau Nias dan serta beberapa undangan dari Luar Daerah.

Pagelaran Pesta Ya’ahowu dibuka resmi oleh Sekretaris Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman RI Laksda TNI (Purn) Agus Purwoto yang dilaksanakan di Taman Ya’ahowu,Nias Sumatera Utara.

Acara ini diawali dengan pawai budaya oleh peserta Kontingen dari 4 Kabupaten 1 Kota yang ada di pulau Nias, para peserta jalan kaki dari Lapangan merdeka menuju taman Ya’ahowu.

Sesampai di Taman Ya’ahowu kontingen dan tamu dari kementerian serta para undangan lainnya langsung disambut dengan acara adat dengan menggunakan sekapur siri.

Acara pembukaan Pesta Ya’ahuwu dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta dilanjutkan dengan Doa.

Dalam laporan ketua panitia Pesta Ya’ahowu, Sowa’a Laoli melaporkan jika acara pesta rakyat ini sebelumnya telah dilakukan peloncingan Maskot Pesta Ya’ahowu yaitu Burung Magiao atau yang lebih dikenal dengan nama burung Beo Nias.

Lebih lanjut, Sowa’a Laoli mengatakan jika Pesta Ya’ahowu ini bertujuan untuk melestarikan budaya Nias serta akan menjadi ajang promosi budaya di kanca nasional dan mancanegara.

Sowa’a juga memaparkan beberapa angenda kegiatan pesta ya’ahuwu yaitu, “Pawai Budaya, Atraksi Seni dan Budaya, Festival Seni Pahat, Lomba Dayung Perahu, Tradisional Nias, Lomba Permainan Rakyat, Pameran Produk Unggulan dan Kuliner Nias serta Hiburan rakyar yang akan dihibur langsung artis dari Nias serta artis dari Jakarta,” terang Sowa’a Laoli yang menjabat Walikota Gunungsitoli itu.

Mewakili tokoh masyarakat Nias, Kristian Zabua mengatakan selamat datang kepada para tamu undangan baik dari Nias sendiri terutama dari luar Pulau Nias.

“Mewakili masyarakat Pulau Nias, saya mengucapkan terimakasih kepada para Pimpinan daerah Se-Kepulauan Nias serta kepada pihak kementerian karena sudah mendukung terselenggaranya pesta rakyat Nias ini,” tutur mantan Pangdam Papua itu.

Ir. Lakhomizaro Zabua sebagai ketua Forum Kepala Daerah Kepulauan Nias menyampaikan jika kedatangan Presiden Jokowi di Kepualau Nias di tahun 2016 yang lalu menjadi motivasi buat kita untuk memajukan pariwisata di Pulau Nias karena beliau saat itu berpesan bahwa ada dua yang bisa diandalkan di Pulau Nias yaitu dari sektor Perikanan dan sektor Pariwisata, terang Walikota Gunungsitoli.

Pada puncak acara, Agus Purwoto sebagai Sekretaris Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman RI dalam arahannya mengatakan jika saat ini Pesta Ya’ahowu telah menjadi iven Nasional.

“Untuk itu saya berharap agar para kepala daerah di Kepulauan Nias untuk terus mengembangkan akses jalur transportasi udara,” ajak Agus.

Sesaat setelah menyampaikan arahannya, Agus Purwoto membuka secara resmi acara Pesta Ya’ahowu yang ditandai dengan menyalakan api fondrako.

Dari pantauan awak media ini, pembukaan acara pesta ya’ahowu berlangsung meriah dengan dimeriahkan oleh atraksi budaya daerah dari masing masing Kabupaten Kota di Pulau Nias. (Aro Ndraha/Red)

Sumber : http://buktipers.com/sekretaris-kemenko-bidang-kemaritiman-ri-buka-acara-pesta-yaahowu-di-pulau-nias/