Tengku Erry Buka Pameran Pagelaran Seni Sekepulauan Sumatera

Home / Berita  / Tengku Erry Buka Pameran Pagelaran Seni Sekepulauan Sumatera

MEDAN (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Tengku Erry Nuradi membuka Pameran dan Pagelaran Seni Sumatera (PPSS) 2017 di Taman Budaya Sumatera Utara Jl. Perintis Kemerdekaan Medan, Jumat (17/11/2017).

“Selain mengeratkan silaturahmi seni antar perserta, PPSS ini diharapkan dapat memberi akses yang positif dalam memberi dukungan yang nyata bagi peningkatan kualitas potensi seni budaya lokal,” ucap Tengku Erry.

Tengku Erry tak lupa mengucapkan terimakasih atas kepercayaan menjadikan Sumatera Utara sebagi tuan rumah penyelenggaraan PPSS tahun 2017 ini. “Semoga silaturahmi seni ini terus terjalin lebih erat dan berkesinambungan dalam memperkokoh wilayah regional Sumatera dalam peta budaya bangsa,” ujarnya.

Hadir disitu mewakili Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tamu kehormatan dari negara sahabat, perwakilan 9 Provinsi antara lain, Aceh, Sumbar, Jambi Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung.

Perhelatan besar ini lanjut Tengku Erry, hendaklah dapat diposisikan dan diberdayakan sebagai media edukaitf bagi generasi muda, menjadi bagian yang strategis dari mata rantai ekonomi kreatif kerakyatan, sehingga bermuara pada kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat seni di wilayah regional Sumatera.

Oleh karena itu, perlu kiranya diperkirakan rumusan-rumusan evaluatif, agar ditemukan tapak dan jejak momentum yang monumental di setiap penyelanggaran PPSS di setiap tahunnya.

Pagelaran ini merupakan amanah yang harus dijunjung tinggi karena berkontribusi bagi pembangunan seni budaya bangsa dan peningkatan citra wilayah dan juga sebagai karakter bangsa ditengah lajunya transformasi dan informasi global dan pertarungan nilai-nilai secara universal.

“Sebagai institusi yang menempati posisi sebagai fasilisator dan dinamisator pembangunan bidang seni budaya, Taman Budaya memiliki peran penting dan strategis dalam pola pembangunan seni budaya di daerah. Taman budaya juga sebagai sentra kesenian di daerah, yang merupakan jendela budaya yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur pembangunan masyarakat seni di wilayahnya,” sebut Tengku Erry. (***)

 

Sumber : http://tengkuerrynuradi.com/2017/11/18/tengku-erry-buka-pameran-pagelaran-seni-sekepulauan-sumatera/