Pesta Budaya Mejuah-Juah Resmi Dibuka Wagubsu Nurhajizah Marpaung

Home / Berita  / Pesta Budaya Mejuah-Juah Resmi Dibuka Wagubsu Nurhajizah Marpaung

PATROLINEWS.COM, Berastagi – Wakil Gubernur, Dr Hj Nurhajizah Marpaung resmi membuka Pesta Budaya Mejuah-Juah, Kamis (26/10/2017) di Taman Mejuah-Juah Berastagi.
Dalam sambutannya, Wagubsu mengatakan bahwa Provinsi Sumatera Utara memiliki kekayaan budaya yang  multi etinis dan mempunyai keragaman budaya dari berbagai keunikan lokal yang dapat memperkaya budaya nasional dan perlu dilestarikan dan dikembangkan terutama seni budaya Kabupaten Karo.
“Pesta budaya mejuah-juah ini merupakan bukti pemerintahan Karo sangat  peduli dengan pelestarian dan pengembangan kebudayaan yang perlu ditanamkan kepada generasi muda agar dapat lebih mencintai budaya daerahnya terutama budaya Karo. Keunikan adat dan tradisi budaya Karo tidak ada ditemukan dinegara manapun di dunia ini, untuk itu perlu terus dilestarikan, dirawat dan dijaga,” ungkap Nurhajizah Marpaung.
Diharapkan event ini dapat terus dilaksanakan dengan jadwal tetap sehingga menjadi kalender resmi yang dapat menjadi daya tarik wisata budaya yang ada di Sumut.
Wagubsu berpesan, melalui pesta budaya mejuah juah ini dapat meningkatkan rasa kecintaan masyarakat terhadap seni budaya Karo dan membangun semangat para seniman untuk berkarya lebih baik lagi dalam meningkatkan  dan mengembangkan kebudayaan Karo sehingga tidak punah oleh budaya asing. Selain itu juga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Karo, ujar Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung.
Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dalam sambutannya mengatakan, “Jadikanlah pesta budaya Mejuah-juah ini sebagai salah satu sarana pelestarian budaya Karo, dan  sebagai filter terhadap budaya asing yang dapat mengikis nilai-nilai budaya daerah dan tetap menjalin persatuan dan kesatuan melalui budaya kita, merga silima tutur siwaluh rakut sitelu perkade kaden sepuluh dua tambah sada,” terang Terkelin Brahmana.
Dikatakan Bupati, budaya Karo memiliki karakteristik tersendiri dan berbeda dengan budaya suku lain di Indonesia sehingga menjadi daya tarik wisatawan sehingga diharapkan even ini dapat meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke Kabupaten Karo sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Sumatera Utara.
Bupati Karo tak lupa menyatakan bahwa Pemkab Karo tetap peduli dengan pengungsi Sinabung dan tetap konsisten mempercepat penanganan erupsi Gunung Sinabung.
Ketua Panitia Pesta Budaya Mejuah-Juah, Ir Mulia Barus, mengatakan pelaksanaan even wisata kebanggaan masyarakat Karo itu akan berlangsung selama empat hari, mulai Kamis (26/10) hingga Minggu (29/10/2017).
Sebelumnya, dilakukan pawai kontingen peserta di depan tribun kehormatan Jalan Veteran Berastagi diterima langsung oleh Wakil Gubernur, Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung bergantian dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH.
Pantauan wartawan, peserta diawali Kecamatan Berastagi yang menampilkan tradisional budaya Karo “erpangir ku lau”. Kecamatan Barusjahe menampilkan budaya “Gundala-gundala. Selanjutnya, Kecamatan Kabanjahe menampilkan hasil khas pertanian dan buah, disusul anak-anak Sinabung yang juga mengedepankan ciri khas budaya Karo.
Kecamatan Lau Baleng mengusung  tema “Mehamat man Kalimbubu, metami man anak beru” diringi musik tradisional,berkolaborasi musik modern. Cindramata dari Lau Baleng berupa amak tayangen (tikar-red) dan gula kelapa asli. Tiganderket, hasil buah dan pertanian. Tidak ketinggalan etnik Pak-pak di Kabanjahe juga turut memeriahkan pawai kontingen.
Selanjutnya, kontingen Pemuda Merga Silima Kabupaten Karo, disusul Fashion show, kontingen Tigapanah, Merdeka, Dolatrayat menampilkan khas tradisi kuliner Karo berupa cimpa tuang dan jong labar, Naman Teran, Simpang Empat, Hotel Mickie Holiday Berastagi menampilkan tarian tradisional Karo. Kemudian, Kecamatan Payung dan Tigabinanga, Merek dan Juhar yang semuanya menampilkan ciri khas budaya Karo. Pawai diselang selingi drum band anak sekolah SMP dan SMA dari Kabanjahe dan Berastagi.
Turut hadir, Wakil Bupati Karo, Cory S Sebayang, Sekdakab Karo Kamperas Terkelin Purba, Ketua Badan Pelaksana Geopark Kaldera Toba (BP-GKT), Ir Alimin Ginting MSc, Kadis Pariwisata Pemprovsu Elisa Marbun, perwakilan Menteri Pariwisata dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba dan juga beberapa perwakilan dari Binjai, Pakpak Barat, Humbahas, Taput dan daerah lainnya. Kapolres AKBP Rio Nababan, Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu, Wakil Ketua dan anggota DPRD Karo, Effendi Sinukaban, Ferianta Purba, SE dan Thomas Joverson Ginting serta seluruh pimpinan SKPD Kabupaten Karo. (Anita)

Sumber : http://patrolinews.com/view/Sumut/8542/Pesta-Budaya-Mejuah-Juah-Resmi-Dibuka-Wagubsu-Nurhajizah-Marpaung.html