5 Dermaga Baru Akan Dibangun Di Danau Toba

Home / Berita  / 5 Dermaga Baru Akan Dibangun Di Danau Toba

MEDANHEADLINES.COM, Tapanuli Utara – Dua tahun kedepan akan di bangun lima dermaga baru di Kawasan Danau Toba. Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi setelah berkeliling Pulau Sibandang, Tapanuli Utara

Dermaga itu dibangun untuk mendorong kemajuan pariwisata Danau toba. Untuk diketahui, Danau toba sudah ditetapkan menjadi satu dari 10 destinasi wisata utama baru di Indonesia.
Dua dari lima dermaga itu akan dibangun di Pulau Samosir, tiga lainnya di pinggiran.

“Danau toba satu danau yg indah. Oleh karenanya satu keniscayaan kita harus membangun fasilitasnya. Dalam 2 tahun ini kemenhub akan membangun 5 dermaga, 2 dermaga di pulau Samosir, dan 3 dermaga di pinggiran,”kata Budi Karya Sumadi.

Selain dermaga, kementrian juga akan membangun kapal-kapal baru. Setidaknya ada tiga kapal roro yang akan dibangun mulai tahun ini.

“Tahun ini kita membangun satu kapal dengan kapasitas kira-kira untuk 200-300 orang dan bisa untuk kapal roro. Kita akan bangun dua, selain itu ASDP juga akan membangun satu .  Jadi nanti akan ada 5 kapal roro yg akan disekitar danau toba sehingga konektivitas antar pelabuhan semakin bagus,”katanya.

Kapal kapal itu diklaim bisa memangkas waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain. “Nanti dengan adanya kapal tersebut, bisa hanya 15-30 menit. Ini akan semakin efektif untuk para wisatawan,”Kata Budi.

Sementara itu Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pihaknya akan melakukan pemberdayaan masyarakat lokal untuk mendukung transportasi.

Sehingga kapal yang nantinya disiapkan dapat digunakan untuk mendukung pariwisata melalui program kolaborasi antara Kementerian Perhubungan dan Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT). Dengan demikian, masyarakat dapat merasakan langsung dampaknya.

“Beberapa kolaborasi program yang akan dilakukan  yaitu pelatihan rescue dan pelatihan pengembangan hospitality masyarakat khususnya bagi pemilik kapal,”sebut Menteri Arief.
(pra)
Sumber : 

http://medanheadlines.com/2017/10/15/5-dermaga-baru-akan-dibangun-di-danau-toba/