Gubsu Puji Festival Bunga dan Buah 2017 di Berastagi

Home / Berita  / Gubsu Puji Festival Bunga dan Buah 2017 di Berastagi

Berastagi,Sumatera Utara-andalas Ribuan warga Tanah Karo menghadiri pembukaan Festival Bunga dan Buah 2017 yang berlangsung meriah di kota wisata, Berastagi. Event tahun yang  telah masuk menjadi agenda wisata nasional ini, resmi dibuka Gubsu H Tengku Erry Nuradi Msi, Kamis (6/7).

Pesta budaya yang akan berlangsung hingga 9 Juli 2017 tersebut diawali penerimaan barisan defile dari 17 kecamatan se-Kabupaten Karo yang masing-masing menampilkan produk pertanian unggulan. Kemudian ada juga barisan defile SKPD Pemkab Karo seperti Dinas Pertanian, Dinas PUPR, BPBD, Dinas Kesehatan, RSU Kabanjahe.

Arak-arakan diawali atraksi drum band dari sejumlah sekolah di Berastagi dan Kabanjahe, termasuk kontingen dari Gereja GBKP dan Katolik serta tidak ketinggalan atraksi dari barisan para penunggang kuda khas Kota Berastagi.

Lokasi tribun kehormatan kali ini berbeda dari sebelum-sebelumnya. Jika biasanya digelar di halaman parkir Kantor Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Karo, kali ini tribun kehormatan dibuat di depan Kantor Pos atau persis di depan Tugu Juang Jalan Veteran, Berastagi.

Usai penyambutan barisan karnaval Festival Bunga dan Buah 2017, Gubsu didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana SH kepada wartawan mengaku bangga terhadap Pemkab Karo yang mampu menggelar festival yang dihadiri ribuan pengunjung ini.

“Festival Bunga dan Buah Tahun 2017 ini sungguh luar biasa. Dengan adanya event ini, Kabupaten Karo akan semakin dikenal di Sumatera Utara bahkan di luar Sumatera Utara sebagai penghasil produk-produk pertanian seperti bunga dan buah maupun tanaman hortikultura lainnya. Oleh karenanya, saya memberikan apresiasi kepada Bupati Karo dan jajarannya,” puji Gubsu.

Event-event wisata seperti ini menurutnya harus didukung semua pihak dalam menggeliatkan tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Karo khususnya Berastagi. Apalagi di daerah ini masih ada Pesta Budaya Mejuah-juah yang beberapa bulan ke depan akan digelar di Berastagi.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dibuat secara berkesinambungan. Mari kita dukung event-event seperti ini dalam meningkatkan animo wisatawan berkunjung ke Kabupaten Karo yang dikenal juga sebagai daerah tujuan wisata di Sumatera Utara,” ujar Erry yang hadir bersama istrinya Evi Diana Sitorus.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan, ke depan Festival Bunga dan Buah 2017 akan dilaksanakan dengan menampilkan event-event yang berkelas nasional dan internasional, disesuaikan dengan nuansa seni budaya dan ekonomi kreatif.

“Mungkin untuk tahun ini masih banyak kekurangan di sana-sini. Sebagai salah satu wahana promosi pariwisata di Kabupaten Karo melalui peningkatan kegiatan event dan daya tarik bagi wisatawan, sekaligus menjaga kelestarian dan apresiasi seni dan budaya Karo,” kata Terkelin.

Tujuan Pesta Bunga dan Buah Berastagi ini adalah, selain menjadi sarana hiburan dan pelestarian budaya Karo serta promosi hasil-hasil pertanian Kabupaten Karo, juga untuk menarik minat wisatawan datang, jelasnya.

Menurutnya, industri pariwisata akan menggerakkan industri-industri lain sebagai pendukungnya. Komponen utama industri pariwisata adalah daya tarik wisata berupa destinasi dan atraksi wisata, perhotelan, restoran, dan transportasi lokal. Sementara komponen pendukungnya, mencakup industri-industri dalam bidang transportasi, makanan dan minuman, perbankan, atau bahkan manufaktur. “Semuanya dapat dipacu dari industri pariwisata,” ujarnya.

Festival Bunga dan Buah akan diisi pameran budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif, pemilihan putri bunga, karnaval mobil hias, band, tari daerah, lagu daerah, dan tradisi etnis Karo lainnya.

Juga akan dihelat lomba merangkai bunga, buah dan sayur, lomba kontes karnaval, kekhasan bunga dan buah Karo yang melibatkan SKPD jajaran Pemkab Karo,  BUMN/D, kelompok tani bunga dan buah dan dunia swasta yang beberapa instansi dari luar daerah Karo seperti dari Pemkab Simalungun.

Dengan menampilkan ciri khas buah dan bunga serta berbagai jenis tanaman sayur, pawai diawali oleh kontingen Kecamatan Berastagi yang dipimpin Camat Berastagi dengan menghadirkan busana adat tradisional Karo dan nuansa bunga dan buah yang semarak.

Demikian juga dengan kontingen-kontingen lainnya dari setiap kecamatan dengan dipimpin langsung oleh camat masing-masing. Mereka kompak menghadirkan busana adat tradisional Karo dan segala jenis bunga dan buah dari kecamatan masing-masing.

Arak-arakan pawai ini cukup mendapat sambutan dari ribuan warga Kota Berastagi maupun wisatawan yang menyaksikannya. Sepanjang Jalan Veteran Berastagi terlihat janur kuning “lambe-lambe” dipadu dengan aneka bunga dan buah di depan rumah ataupun ruko sebagai lambang masyarakat menyambut baik event wisata tersebut sebagai salah satu pembangkit kearifan lokal daerah Tanah Karo.

Namun kemacetan di seputaran Kota Berastagi tidak terelakkan akibat karnaval mobil hias dan defile peserta. Mulai dari pintu gerbang Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan hingga memasuki Kota Berastagi maupun ke arah Kota Kabanjahe dan sebaliknya terjadi kemacetan panjang kendaraan.

Turut hadir Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, istri Bupati Karo Sariaty Sitompul, Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu, Kapolres AKBP Rio Nababan, Kepala Badan Badan Pelaksana Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba Arie Prastyo, Ketua Badan Pelaksana Geopark Kaldera Toba Alimin Ginting MSc, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Elisa Marbun.

Kebanjiran Buah Tangan

Sementara itu saat menghadir pembukaan Festival Buah dan Bunga tersebut, Gubsu Erry dan Evi Diana kebanjiran buah tangan berupa bunga dan buah hasil pertanian dari peserta karnaval yang melintasi tribun utama pawai.

“Alhamduillah. Terima kasih ya bapak ibu, buah dan bunganya segar-segar sekali,” ujar Erry.

Senada dengan Gubsu, Evi Diana Sitorus terlihat bahagia dengan buah tangan yang diberikan masyarakat. Bahkan Evi terlihat sumringah saat menerima karangan bunga mawar yang beraneka warna dari masyarakat.

Usai melepas rombongan pawai, Gubsu dan rombongan menuju Taman Mejuah-juah Berastagi tempat puncak acara Festival Bunga dan Buah berlangsung. (RTA)

 

Sumber : https://harianandalas.com/berita-utama/gubsu-puji-festival-bunga-dan-buah-2017-di-berastagi