Ribuan Pengunjung Saksikan Pagelaran Budaya Pakpak

Home / Berita  / Ribuan Pengunjung Saksikan Pagelaran Budaya Pakpak

(Analisa/mukka berutu) TUMBUK: Menumbuk Padi salah satu seni dan budaya yang ditampilkan pada PRSU menunjukkan kebersamaan para pemuda dan pemudi pada zaman dahulu.

Pakpak Bharat, (Analisa). Ribuan pengunjung yang datang dari Kabupaten Pakpak Bharat, Dairi maupun Kota Medan menyaksikan Malam Pagelaran Seni dan Budaya Pakpak di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Senin (10/4 ) malam.

Acara yang dibuka selepas magrib ini dipenuhi dengan beragam rentak irama yang menggugah dan menarik perhatian khalayak. Antusiasme dari hadirin tidak pernah lepas dari setiap rangkaian acara.

Wakil Bupati, Maju Ilyas Padang yang membuka acara ini secara resmi mengungkapkan rasa bangganya dengan pemen­tasan seni yang digelar dan menurutnya nyaris tanpa ca­cat. Di Pakpak Bharat, budaya merupakan nilai yang dijunjung tinggi. Sebagai wujud dukungan, seluruh elemen akan terus berusaha menghadirkan beragam bentuk cita dan cipta untuk mempertahankan kelanggengan adat dan budaya Pakpak agar tidak tergerus oleh budaya global.

Tokoh masyarakat Pakpak yang berdomisili di Medan, Prof Hamjon Padang mengamini apa yang telah diutarakan sebelumnya. “Khazanah budaya yang kami kenalkan juga beranjak dari kearifan lokal sebagai ciri khas yang akan tetap lestari dan terkhusus untuk menunjang pembangunan dalam rangka kemajuan demi capaian kesejahteraan masyarakat Pakpak,” jelasnya.

Penyelenggara acara juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan dan cendera mata bagi tokoh yang dianggap berjasa dan peduli terhadap budaya Pakpak, yaitu Jenny Riany L. Berutu, pihak Yayasan PRSU yang diwakili Sudarman, dan tokoh masyarakat Pakpak di Medan.

Dalam acara yang berakhir menjelang tengah malam, kepuasan tampak di wajah mereka yang menyaksikan. Menurut perwakilan PRSU, Sudarman, selama penyelenggaraan even PRSU tahun 2017 dapat dinilai bahwa Kabupaten Pakpak Bharat yang terbaik dari sisi Malam Pagelaran Seni.

“Susunan acara yang begitu rapi dan indah serta antusiasme masyarakat yang begitu tinggi dalam menyaksikan acara sampai berakhir,” kata Ketua Karang Taruna Kecamatan Labuhan Deli ini. (brt)

Sumber : http://harian.analisadaily.com/sumut/news/ribuan-pengunjung-saksikan-pagelaran-budaya-pakpak/339809/2017/04/13