Danau Toba Didaftarkan dalam UNESCO Pakpak Bharat Dukung Kalender Danau Toba

Home / Berita  / Danau Toba Didaftarkan dalam UNESCO Pakpak Bharat Dukung Kalender Danau Toba

Pakpak Bharat, (Analisa) – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan atraksi di Danau Toba akan didaftarkan dalam UNESCO Global Geopark (UGG) pada tahun 2017. Karenanya ia berharap Silangit Airport segera menjadi Bandara Internasional dan terwujud 2017.

“Di Danau Toba juga akan dibangun juga Zona Otorita seluas 602 Hektare seperti Nusa Dua Bali. Namun untuk quick win di tahun 2017, Menpar mendorong investasi cruise (Kapal Pesiar) yang bisa Live-on-Board dan Glam Ping (Glamour Camping),” kata Menteri dalam launching Kalender Even Pariwisata Danau Toba 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Launching yang ditandai dengan pemukulan instrumen Tagading dilakukan Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Wakil Gubernur Sumut, Brigjen TNI (Purn) Nur­hajizah Marpaung,  para Kepala Daerah sekawasan Danau Toba, dan Direktur Utama BODT (Badan Otorita Danau Toba) Arie Prasetyo.

Ia menjelaskan Danau Toba itu punya banyak keunggulan. Pertama, cerita Super Volcano Geopark Danau Toba sempat menggemparkan dunia 75 ribu tahun silam lewat ledakan dahsyatnya. Selain itu, Toba danau terdalam di dunia, danau vulkanik terbesar di dunia, dan danau nomor dua terbesar setelah Victoria Lake di Afrika.

Dukung

Sementara Kabupaten Pakpak Bharat siap mendukung rangkaian acara parawisata Danau Toba 2017 dengan menampilkan beragam budaya seperti pesta adat dan budaya Pakpak  yang dikenal dengan Pesta Oang-Oang.

Pesta Oang-oang turut diper­kenalkan bersama 16 kegiatan lainnya yang dilaksanakan di 8 Kabupaten, yaitu Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Samosir dan Humbang Hasundutan tersebut mulai Mei sampai Desember 2017. Pesta Oang-oang sendiri diren­canakan pada 6-7 September 2017.

Bupati Remigo melalui Kasubbag Pers Kaspul Hasibuan kepada Analisa di Salak, Kamis (23/3) mengatakan Bupati mengapresiasi Kementerian Pariwisata yang meli­batkan Kabupaten Pakpak Bharat dalam kegiatan pariwisata di Danau Toba, terkhusus dengan mem­a­sukkan Pesta Oang-oang.

Secara geografis Kabupaten Pakpak Bharat memang tidak ber­sentuhan langsung dengan Danau Toba, tetapi pihak BODT dan Kementerian Pariwisata mengakui keberadaan wilayah Pakpak Bharat sebagai sumber penyedia air di Danau Toba serta bagian koridor ekosistem danau tersebut.

Bagi Bupati, kemasan Pesta Oang-oang yang merupakan Pesta Rakyat dengan nuansa adat dan budaya Pak­pak yang kental, akan di-upgrade lebih menarik lagi sehingga event ini tidak hanya berkelas nasional tetapi bahkan internasional.

Dalam acara ini Bupati juga menyerahkan cendera mata Oles Pakpak kepada perwakilan pihak investor, yang diterima Direktur Utama Hotel Indonesia Natour, Iswandi Said dengan disaksikan Menteri dan Wagubsu. Rangkaian acara juga diisi beragam hiburan bernuansa Sumatera Utara, termasuk penampilan Vicky Sianipar bersama para pemenang Toba Dream Vocal Contest Season 9. (brt)

Sumber : http://harian.analisadaily.com/sumut/news/danau-toba-didaftarkan-dalam-unesco/335847/2017/03/24