Pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara ke-46 Tahun 2017

Home / Berita  / Pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara ke-46 Tahun 2017

Pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara ke-46 Tahun 2017 yang dilaksanakan di Tapian Daya Medan, Sumatera Utara. Kabupaten Humbang Hasundutan mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah pada pembukaan Kegiatan PRSU Medan 2017.

Diantara 33 Kabupaten/Kota, Kabupaten Humbang Hasundutan mendapat kehormatan terbesar menjadi tuan rumah event PRSU tahun 2017 ini. Kabupaten Humbahas pertama kali sebagai tuan rumah PRSU sejak tahun 2003 pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Utara.

Kabupaten Humbahas pun tahun ini membangun paviliun di area PRSU. Paviliun Humbahas tak kalah saing dengan paviliun lainnya, mereka memamerkan hasil pertanian Humbahas seperti tanaman endemik yang khas tumbuh di Kabupaten tersebut.

Tanaman-tanaman endemik seperti : Kemenyan, Minyak Nilam, Kopi, Andaliman. Selain itu juga hasil pertanian sayur sayur lainnya dan juga Ihan Batak.

Mengingat Sejarah Kabupaten Humbang Hasundutan adalah Raja Sisingamangaraja I hingga XII lahir dan meninggal di Humbahas. Nantinya Pemkab Humbahas menyajikan Tarian Sisingamangaraja pada saat pembukaan.

Pada pembukaan PRSU nanti Pemkab Humbahas sudah mempersiapkan seperangkat pakaian adat Batak khas Toba kepada Gubsu H.Tengku Errry Nuradi. Tarian Pangurason merupakan tarian sambutan utk menyambut tamu kenegaraan dan VIP. Tarian ini dengan membawa air dengan campuran jeruk purut atau “Unte Pangir” lalu disiramkan ke tamu, gunanya adalah untuk membersihkan diri.

Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan tahun ini berbangga hati karena tahun ini memiliki paviliun sendiri. Pavilium yaitu gedung tempat pameran telah dibangun Pemkab Humbahas dan akan diresmikan saat acara dan rencananya Jumat, 17 Maret 2017 pukul 10.00 WIB akan ada upacara memasuki rumah baru yaitu upacara adat Mangompoi.

Rangkaian Acara Pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara ke-46 Tahun 2017

  • Registrasi Undangan dihibur Kesenian Pemerintah Kabupaten Humbahas.
  • Gubsu, Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Ketua Yayasan PRSU, Uspida Provinsi Sumatera Utara dan Uspida Kabupaten Humbang Hasundutan tiba di arena PRSUdiringi dengan Tortor Penyambutan, kemudian dilanjutkan dengan penyematan Pakaian Kebesaran Adat Batak Khas Humbang Hasundutan oleh tokoh adat kepada Gubsu dan ibu.
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya.
  • Doa : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara.
  • Penampilan lagu Medley Sumut.
  • Laporan Ketua Yayasan PRSU
  • Sambutan Bupati Humbang Hasundutan
  • Sambutan Gubernur Sumatera Utara sekaligus Peresmian PRSU ke-46 tahun 2017 ditandai dengan penekanan tombol Sirene dan Pelepasan Balon.
  • Pagelaran Atraksi Kesenian Humbang Hasundutan.
  • Gubsu beserta Rombongan melakukan kunjungan ke Paviliun/Stand Pameran PRSU.

Kedepan kabupaten Humbahas akan mempunyai objek wisata Taman Bunga Nasional berdasarkan instruksi presiden Jokowi pada waktu lalu bersama istri saat Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba.

Sumber : https://www.semedan.com/2017/03/pembukaan-pekan-raya-sumatera-utara-ke-46-tahun-2017.html