Dispar Samosir Siap Laksanakan Festival Pasir Putih

Home / Berita  / Dispar Samosir Siap Laksanakan Festival Pasir Putih

Medan Bisnis – Samosir, Dinas Pariwisata (Dispar) Samosir bersama masyarakat kenegrian Parbaba, siap menggelar event pertama Festival Pasir Putih sebagai rangkaian Horas Samosir Fiesta (HSF) , 25 Maret 2017 mendatang.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Samosir Ombang Siboro bersama toko masyarakat ke negerian Parbaba – Samosir , usai martonggo raja (berdiskusi) dalam mempersiapkan segala sesuatunya terkait pelaksanaan seni ritual pada Festival Pasir Putih Parbaba.

“Martonggo raja adalah budaya suku Batak, di mana dalam setiap pelaksanaan puncak adat Batak, terlebih dahulu dilakukan kegiatan martonggo raja, melibatkan para masyarakat sekitar lokasi kegiatan untuk membicarakan tentang segala keperluan kegiatan agar berlangsung meriah dan sukses, “kata Ombang.

Festival Pasir Putih merupakan salah satu even yang berbentuk festival di mana festival ini diisi dengan berbagai perlombaan menarik dan seru yang merupakan kebiasaan orang Batak dahulu. Dan diawali dengan ulaon manguras tao (menguras danau) yaitu praktik pembersihan dan re-purifikasi secara simbolik untuk menghormati lingkungan danau dalam kebiasaan lama selalu ada meskipun tidak berdiri sendiri.

Praktik ini diwujudkan dengan pertunjukan ritual dan budaya lokal. jadi, tunggu apalagi silahkan datang dan saksikan Festival Pasir Putih 2017 dan nikmati alam samosir, Danau Toba, “ajak Ombang.

Sumber : Medan Bisnis “senin, 13 Maret 2017”