Kemenpar Ingin Kembalikan Danau Toba Sebagai World Class Destination

Home / Berita  / Kemenpar Ingin Kembalikan Danau Toba Sebagai World Class Destination

Danau Toba akan dikembalikan menjadi World Class Destination.
Jakarta (SIB) –Danau Toba merupakan salah satu destinasi pariwisata prioritas yang  tidak cukup didekati hanya dengan cara membangun fisik dan infrastruktur saja. Tetapi harus simultan dengan membangun sumber daya manusia dan  hospitality.

“Semua unsur Pentahelix harus bergerak dalam satu tujuan yang  sama, mengembalikan Danau Toba sebagai world class destination,” sebut  Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam keterangannya, Kamis (9/2) di Jakarta.

Pentahelix yang dimaksud Arief Yahya adalah lima unsur penting yang menjadi  subjek dalam pengembangan destinasi yakni, Academician, Business,  Community, Government dan Media.

“Ketika ke-5 unsur ini bergerak  bersama, maka progres pengembangan destinasi Danau Toba akan semakin  cepat dan bisa lebih cepat,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, jika kelima unsur penting subjek dalam pengembangan pariwisata tersebut bersinergi, maka akan berdampak positif bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Melalui Asdep Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Deputi  Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata menggelar kegiatan  Peningkatan Kapasitas Usaha Masyarakat Destinasi Pariwisata berupa  Digitalisasi ITX untuk homestay tanggal 7 hingga 8 Februari 2017 di  Hotel GM Marsaringar Toba Samosir, Danau Toba.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar  Dadang Rizki Ratman menjelaskan, para peserta yang mengikuti kegiatan  tersebut terdiri dari pelaku usaha homestay, kelompok sadar wisata,  asosiasi homestay, Kepala Desa yang ada di Toba Samosir sebanyak 40 orang.

“Dan para peserta yang ikut pelatihan ini dibekali tentang pendaftaran  homestay  dan foto-foto homestay. Selain itu juga ada harga homestay  yang akan online di homestay. Semua diberikan petunjuk tata caranya  untuk ikut sosialisasi digitalisasi ITC,” ujar Dadang. (Dik-1/d)

Sumber : https://hariansib.co/view/Headlines/154562/Kemenpar-Ingin-Kembalikan-Danau-Toba-Sebagai-World-Class-Destination.html