Wisata Halal di Danau Toba, Kadisbudpar Sumut Imbau Buat Zonasi

Home / Berita  / Wisata Halal di Danau Toba, Kadisbudpar Sumut Imbau Buat Zonasi

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Sumut Elisa Marbun.

Medan (SIB) РPengelolaan kawasan pariwisata Danau Toba sebagai tujuan wisata di Sumatera Utara (Sumut) menjadi pekerjaan yang harus diselesaikan bersama  Pemprovsu dan tujuh kabupaten se-kawasan, di antaranya, wisata halal yang menjamin tersedianya makanan dan minuman yang terjamin bagi pengunjung.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Sumut Elisa Marbun kepada wartawan di kantor Gubsu, Jumat (20/1).

Dia mengatakan, banyak wisatawan yang memilih untuk mencari tempat wisata yang menyediakan makanan dan minuman yang terjamin halal, sehingga perlu ada pembenahan agar orang yang berkunjung tidak khawatir lagi soal makan minum. “Wisatawan tentu perlu mendapatkan jaminan makanan dan minuman halal. Jadi mereka tak perlu lagi bingung memikirkan mau makan di mana,” ujarnya.

Wisata halal, lanjut Elisa, dilakukan dengan membuat zona khusus bagi kuliner berlabel halal. Dengan zonasi tersebut, maka satu kawasan dijadikan pusat tempat makan dan minum bagi yang mengutamakan produk halal. Lokasi dimaksud, tidak dicampurkan dengan tempat makan yang kategori tidak halal.

“Kita minta kabupaten/kota agar ada zona khusus tempat makan. Jadi lokasinya tidak berdekatan dengan rumah makan yang non halal,” sebutnya.

Dikatakannya, hingga kini kondisi keberadaan tempat makan di beberapa lokasi wisata di kawasan Danau Toba masih belum menunjukkan adanya zonasi dimaksud. Misalnya, rumah makan halal berdekatan dengan rumah makan non halal, tentu akan membuat orang menjadi enggan makan di tempat itu.

“Bayangkan saja ada rumah makan halal, di sebelahnya ada rumah makan yang tidak halal. Memang tempatnya berbeda, tetapi asap dan aromanya kan bisa saja terhirup. Itu yang membuat orang enggan datang,” sebutnya.

Pihaknya juga telah menyurati pemerintah kabupaten se-kawasan Danau Toba untuk menyiapkan zona khusus sebagai pusat kuliner halal. Apalagi negara tetangga Indonesia yang terdekat adalah Malaysia dengan penduduk mayoritas muslim, katanya. (A12/c)

 

Sumber : https://hariansib.co/view/Marsipature-Hutanabe/151145/Wisata-Halal-di-Danau-Toba–Kadisbudpar-Sumut-Imbau-Buat-Zonasi.html