Pesta Rakyat Purba , Promosi Pariwisata Dengan Pemanfaatan Rest Area

Home / Berita  / Pesta Rakyat Purba , Promosi Pariwisata Dengan Pemanfaatan Rest Area

Simalungun – Guna menunjang dan mendukung perkembangan pariwisata khususnya Destinasi Wisata Danau Toba serta dalam melestarikan adat dan budaya Simalungun,banyak fasilitas pendukung mulai di galakkan salah satunya rest area di jalan Saribudolok yang merupakan akses Simalungun-Karo tepatnya di wilayah Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumatera utara.

Sesuai dengan adanya instruksi Presiden mengenai pembukaan ruang terbuka publik untuk masyarakat, salah satunya pemanfaatan rest area ini. Pada hari Sabtu,3 Desember 2016 digelar Pesta Rakyat Purba dengan tema “Parsaranan Na Bujur” yang artinya tempat istirahat yang baik.

Acara pesta rakyat purba ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Simalungun JR Saragih, yang datang didampingi Danrem 022 Pantai Timur Simalungun beserta kadis-kadis Simalungun dan SKPD.

Kedatangan Bupati pada acara pesta rakyat pada sekitar pukul 12.00 WIB hari ini, disambut oleh Muspika Kecamatan Purba, tokoh masyarakat, tokoh agama dan ribuan masyarakat yang sudah berkumpul sejak pagi. Hal tersebut dikarenakan adanya pelayanan kesehatan gratis dan pelayanan administrasi gratis dalam pesta rakyat ini.

Jr Saragih yang datang menggunakan mobil VW Kodok yang dikemudikan sendiri turun dengan santai dan senyum yang ramah, dengan kemudian langsung menyalami masyarakat dan anak anak yang berada disitu. Hal tersebut dilakukan untuk beramah tamah sambil berjalan untuk melihat tempat pelayanan kesehatan dan administrasi yang sedang beroperasi, melihat di stand barang barang produksi UMKM yang di pamerkan dan di perjualbelikan.

Kegiatan pesta rakyat ini diprakasai oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Simalungun, karena dimana lokasi tersebut juga akan di tempati dinsperindang sebagai kantor barunya.

Setelah berkeliling, JR Saragih menuju tempat duduk yang disediakan dengan di sambut tarian selamat datang khas Simalungun dan tarian Tor-tor Somba. Yang kemudian JR Saragih naik panggung untuk memberikan arahan dan membuka secara resmi acara tersebut.

Dalam sesi sambutannya, JR Saragih memberikan kejutan kembali dengan menyanyi terlebih dahulu, mengajak kepala dinas pariwisata dan Jessica Saragih di atas panggung guna menghibur masyarakat yang hadir.

Dalam sambutannya JR Saragih dalam pesta rakyat menyampaikan “ Rest Area ini akan menunjukan budaya dan adat Simalungun,selain mendukung destinasi wisata Danau Toba”.

“Saya berharap masyarakat sekitar serta jajaran pemerintahan desa ikut mendukung dan mengembangkan lokasi ini karena wilayah Purba juga kaya akan budaya dan sejarah kepahlawanan dengan adanya lokasi wisata Rumah Bolon Purba juga”,ungkap JR Saragih.

Sebelum membuka resmi acara pesta rakyat dengan simbolis pemukulan alat musik tabuh Simalungun, Jr Saragih menghibur lagi masyarakat dengan bernyanyi bergantian bersama Sekda Simalungun dan Danrem di atas panggung.

JR Saragih bersama sekda,Danrem,Tokoh Masyatajat,Kadis Pariwisata dan Tokoh masyarakat memukul alat musik tabuh gondang Simalungun, yang menandai di bukanya resmi pesta rakyat ini yang disambut tepuk tangan ribuan masyarakat yang hadir.

Dalam sesi wawancara bersama awak media JR Saragih mengatakan “ Acara ini selain menjadi ajang mempererat tali persaudaraan masyarakat simalungun yang sudah sibuk dengan aktivitasnya masing masing,serta guna membuka ruang terbuka simalungun sesuai intruksi presiden Sehingga mampu di manfaatkan masyarakat,pelajar ataupun pengguna jalan raya yang ingin beristirahat dengan fasilitas yang kami sediakan”.

“Kepala dinas pariwisata dan dinsperindang saling kompromi guna menunjang lokasi ini untuk mendukung pariwisata di Simalungun serta menunjukan produk produk icon Simalungun yang akan di pasarkan di lokasi ini”,harap JR Saragih.

“Lokasi ini awalnya akan beroperasi sampai jam 4 sore dulu sambil menunggu akses akses jalan menuju Danau Toba jadi yang sedang proses berjalan di beberapa titik, karena tempat ini nantinya akan menjadi tempat penunjang pariwisata Danau Toba. Sehingga nantinya akan buka 24 jam dan sampai saat ini sudah mulai kerja sama dengan travel dimana nanti travel akan beristirahat disini untuk makan siang sebelum sampai lokasi wisata parapat yang juga dalam proses pembangunan terus “,tegas JR Saragih di akhir sesi wawancaranya pada acara pesta rakyat ini.