Warna-warni Pembukaan Festival Danau Toba 2016

Home / Berita  / Warna-warni Pembukaan Festival Danau Toba 2016

TAPANULI UTARA, KOMPAS.com – Lapangan Dermaga Pelabuhan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat (9/9/2016) sore, tampak berwarna. Kain ulos khas Batak disulap menjadi pakaian parade karnaval, lengkap dengan aksesori dan hiasan yang menempel di bagian belakang baju tersebut.

Pakaian parade karnaval itu memiliki belasan jenis dan warna. Wajah para model yang menggunakan pakaian parade karnaval itu didandan berbagai rupa dengan berbagai warna. Di lapangan, perwakilan dari Kabupaten Samosir dan Karo menampilkan kesenian dan budaya khas wilayahnya.

Tak hanya itu, Tarian Tor-tor Tumba juga turut ditampilkan di hadapan rombongan Kementerian Pariwisata, Gubernur Sumatera Utara, Bupati Se-kawasan Danau Toba, tokoh adat, tokoh agama, dan para undangan yang hadir.

Warga sekitar Danau Toba yang tampak penasaran juga turut memenuhi sekitar Lapangan Dermaga Pelabuhan Muara. Mereka sibuk merekam suasana parade dengan ponselnya. Demikian suasana kemeriahan pembukaan Festival Danau Toba 2016 di Muara, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, yang berlangsung 9 hingga 12 September 2016.

“Festival Danau Toba (FDT) 2016 menjadi momentum peningkatan wisata Kawasan Danau Toba yang pernah mengalami kejayaan pada masa 90-an,” ujar Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, dalam sambutannya.

Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural, Hari Untoro Dradjat, berharap, FDT 2016 dapat menjadi media untuk mempromosikan wisata Danau Toba.

“Semoga Festival Danau Toba 2016 dapat menjadi media yang efektif untuk mempromosikan pesona Danau Toba sebagai destinasi pariwisata prioritas nasional,” kata Hari dalam kesempatan yang sama.

FDT 2016 dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi. Pembukaan FDT 2016 ditandai dengan dipukulnya alat musik tangganing dan kembang api. Berbagai kegiatan akan diselenggarakan di FDT 2016, di antaranya atraksi seni budaya, wisata olahraga atau sport tourism seperti lomba perahu tradisional, lomba renang rakyat dan lainnya. Selain itu, akan ada juga pemilihan Ucok-Butet dan pertunjukan musik di FDT 2016 ini.

Sumber : http://travel.kompas.com/read/2016/09/10/094305427/warna-warni.pembukaan.festival.danau.toba.2016